Lihat ke Halaman Asli

Awaliyah Pram

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Warta 2023: Pameran Tak Bertema hingga Pengunjung Bebas Merokok dalam Ruangan

Diperbarui: 13 Juli 2023   09:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pameran Warta 2023

Yogyakarta, 13 Juli 2023 - Bertepatan dengan Hari raya seni rupa, banyak sekali pameran di kota Yogyakarta bulan ini, tak terkecuali wARTa#3 yang kembali menghadirkan pameran karya seni rupa bagi para penikmatnya. Seperti pada dua tahun sebelumnya, di tahun ketiga ini Warta tetap tidak memiliki tema, hal ini bertujuan agar pengunjung dapat memberikan perspektif dari suatu karya yang di pamerkan berdasarkan sudut pandang masing-masing individu, bahkan tajuk dan judul pameran ini ditentukan sendiri oleh publik yang mengapresiasi.

Ada sekitar 30 karya yang di suguhkan pada pameran ini, diantaranya 25 karya seni dua dimensi, 2 patung dan 3 karya seni instalasi yang salah satunya merupakan karya seni kinetik yang dapat bergerak. Melibatkan 28 seniman besar seperti Agus Suwage, Made Wianta hingga seniman sebesar I Nyoman Masriadi.

Salah satu yang unik dari pameran ini yaitu karya Smoking Room milik Handiwirman Saputra, dimana para pengunjung bebas merokok didalam ruangan tersebut, nantinya asap rokok akan masuk melalui pipa dan mengisi akrilik, di bagian atasnya terdapat eksos kecil juga karbon yang berfungsi untuk mengurai asap rokok tersebut.

Pameran ini juga melakukan lelang, kali ini karya wajah Khairil Anwar sebanyak 5 buah akan di lelang dan hasilnya akan dipergunakan untuk kegiatan amal seperti pembangunan masjid, bantuan sosial dan kegiatan amal lainnya.

Pameran buka setiap hari, dari tanggal 7-30 Juli 2023, mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Harga tiket masuk Rp. 25.000, berlokasi di Jogja Gallery, Jl. Perkapalan No. 7 Alun-alun Utara, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta.

" Harapannya semoga para pengunjung dapat lebih menghargai karya seni, dan adanya pameran ini juga agar pengunjung dapat melihat karya seni rupa yang asli mengingat banyaknya plagiasi karya " Ucap Bunga Khairunnisa selaku Gallery Sitter.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline