Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi Penyebaran Covid-19 ala Matematika dengan Manfaatkan Permainan Tradisional

Diperbarui: 10 Agustus 2021   02:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pengambilan video ilustrasi penyebaran Covid-19 dengan memanfaatkan congklak/dokpri

Kendal(25/7/2021) - Sampai saat ini, kita masih terus bertempur melawan pandemi virus COVID-19. Pertempuran semakin sengit ketika munculnya varian baru yaitu varian Delta yang lebih cepat menular dibandingkan dengan varian sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan semakin pudar.

Dalam upaya membantu menekan angka penyebaran virus COVID-19, mahasiswa KKN Undip tahun 2021 yang berlokasi KKN di Desa Sidorejo Brangsong, membuat program video edukasi masyarakat terkait ilustrasi penyebaran virus COVID-19 dalam perspektif Matematika dengan memanfaatkan media permainan tradisional congklak serta beberapa upaya pencegahannya.

Dalam wawancara Minggu(25/7), Awalina Zakiyatul Fakiroh selaku mahasiswa KKN Undip menjelaskan bahwa program edukasi ini sebagai bentuk partisipasi mahasiswa dalam membantu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

"Congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat diminati oleh masyarakat. Sehingga ilutrasi menggunakan congklak ini dapat mudah dipahami oleh masyarakat bagaimana virus COVID-19 mudah tersebar" ujarnya.

Video edukasi ini dikirim melalui grup-grup Whatsapp yang ada di Desa Sidorejo, youtube, instagram serta snap Whatsapp sehingga dapat tersebar luas terutama untuk masyarakat Desa Sidorejo Brangsong.

"Saya berharap setelah adanya edukasi ini, masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sampai keadaan benar-benar aman." Tambahnya.

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.
Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal
KKN TIM II UNDIP TA 2020/2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline