Lihat ke Halaman Asli

Awalia Fajriah

Mahasiswi/Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang

Yuk Biasakan Menerapkan 6 Langkah Dalam Mencuci Tangan

Diperbarui: 23 Agustus 2023   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi mencuci tangan 6 langkah dengan video animasi (dokpri)

Serang, Banten (8/8/2023) – Bakteri dapat menyerang semua orang tidak mengenal waktu dan tempat. Bakteri biasanya berada pada permukaan barang atau alat yang sehari-hari kita. Tanpa disadari bahwa tangan kita sering memegang barang atau apapun yang dihinggapi bakteri. Bakteri yang menempel pada tangan sangat berbahaya apabila tangan menyentuh tubuh bagian lain salah satunya mulut. Jika tangan yang kotor kemudian memasuki mulut saat makan maka penyebaran bakteri akan sangat mudah bahkan dapat menimbulkan penyakit.

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghentikan penyebaran bakteri serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat adalah dengan mencuci tangan dengan 6 langkah. Seseorang yang paling sangat tidak sadar jika tangannya dipenuhi bakteri adalah anak usia dini, pada kalangan anak-anak juga yang paling rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Agar meminimalisir ketidaksadaran pada anak dalam mencuci tangan diperlukannya sosialisasi atau gerakan untuk mengajak anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang mengajak anak-anak di Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten untuk menerapkan 6 langkah mencuci tangan guna untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

Hal yang pertama dilakukan pada saat sosialisasi bersama anak-anak memberikan video edukasi terlebih dahulu kemudian video langkah-langkah mencuci tangan dengan baik dan benar. Pada dasarnya beberapa anak-anak sudah paham akan mencuci tangan dengan 6 langkah, namun masih minimnya kesadaran mereka untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan sesuatu.

  • langkah cuci tangan yang diterapkan bersama anak, yaitu:
  • Basahi tangan dengan air, kemudian tuangkan sabun
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  • Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  • Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  • Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

anak-anak menerapkan mencuci tangan 6 langkah (dokpri)

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan anak-anak di Desa Sujung dapat selalu menerapkan mencuci tangan dengan 6 langkah sebelum dan sesudah melakukan sesuatu untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus serta dapat selalu menerapkan kebiasaan atau perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu diharapkan juga untuk para orang tua agar selalu memperhatikan kebersihan anak-anaknya agar selalu terhidar dari bakteri dan penyakit.

Kegiatan Mencuci Tangan 6 Langkah Bersama Anak-Anak Desa Sujung (dokpri)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline