Lihat ke Halaman Asli

Candra Avista

Candra Avista Putri

Relasi Antara IQ, EQ, dan SQ dalam Pendidikan Dasar MI/SD

Diperbarui: 4 November 2020   07:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RELASI ANTARA IQ,EQ,DAN SQ DALAM PENDIDIKAN DASAR ATAU MADRASAH IBTIDAIYAH DI SEKOLAH

Candra Avista Putri

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang; Jalan Gajayana No. 50,Dinoyo,Kec. Lowokwaru,Kota Malang,Jawa Timur 65144, 0341-551354/0341-572533

www.uin-malang.ac.id /info uin-malang.ac.id

e-mail: candraavista24@gmail.com

A. PENDAHULUAN

Kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan atau menciptakan sesuatu yang bernilai bagi budaya tertentu.1 Kecerdasan terdiri dari tiga komponen Yaitu: (1) kemampuan mengarahkan pikiran atau tindakan, (2) kemampuan mengubah arah tindakan jika tindakan tersebut telah dilakukan, dan (3) kemampuan mengkritik diri sendiri.2 Selain ketiga komponen tersebut, kecerdasan dibagi menjadi tiga yaitu:

Pertama, kecerdasan intelektual (IQ) atau disebut dengan kecerdasan seseorang. Kecerdasan seseorang bukan hanya tentang sebuah tempat berpikir,melainkan sebuah  proses. Dengan kata lain kecerdasan adalah sebuah proses dalam berpikir yang melibatkan banyak daerah otak,baik otak depan,otak belakang,otak tengah,dan otak kecil.3 Dari sebuah proses pemikiran tersebut seseorang yang memiliki kecerdasan mampu memecahkan ataupun menciptakan sesuatu yang baru yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada melalui proses pemikiran yang mendalam,serta kemampuan untuk mengkritik tentang sesuatu permasalahan yang ada,dan juga mampu melakukan tindakan sesuai dengan apa yang telah dipikirkannya untuk memecahkan suatu permasalahan ataupun untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Oleh karena itu,kecerdasan intelektual sangat dibutuhkan dalam kehidupan pendidikan di SD/MI. Karena dengan kecerdasan intelektual (IQ) seseorang mampu menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Kedua, kecerdasan emosi (EQ) menurut Streiner adalah kecerdasan yang harus memiliki lima keterampilan yaitu: (1) keterampilan dalam memahami perasaan, (2) keterampilan merasakan empati, (3) kemampuan mengelola emosi, (4) keterampilan memperbaiki kerusakan emosi, (5) mengembangkan keterampilan yang disebut dengan interaktivitas emosional.4 Selain itu,kecerdasan emosi (EQ) adalah kemampuan mengenali perasaan diri kita sendiri dan perasaan orang lain,kemampuan memotivasi diri sendiri,dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline