Lihat ke Halaman Asli

Nomor Telepon Darurat di Indonesia?

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tau nomor telepon polisi?
Tau nomor telepon ambulans?
Tau nomor telepon pemadam kebakaran?
Kalau mau donor darah dan mau hubungi PMI, tau nomornya juga?
Kalau mogok di jalan tol yang minim info plang nomor telepon jasa marga, bingung cari kemana, mau browsing di internet handphone tapi data plan habis, nanya temen/saudara lama balesnya?

Kalau saya yang ditanya, jelas saya akan geleng-geleng kepala engga tau hahahaha...

Jadi begini awalnyaaa...
Hmmm,,, banyak banget nomor telepon penting di Indonesia yang sebenarnya sudah lama di publikasikan oleh pemerintah dan swasta, mereka menyuarakan melalui berbagai macam iklan. Tapi, kita sebagai user atau pengguna, minat nggak sih untuk menyimpan nomor telepon itu? Pasti walaupun butuh (ga butuh), kita lebih nyaman simpen nomor pasangan, nomor keluarga, nomor teman dan nomor klien (ini ga semua juga sih).

Saya sendiri, paliiiiiiiiiiiing males buat simpen nomor telepon yang begituan, walaupun ya kadang-kadang perlu, bahkan butuuuuh banget. Tapi ketika kebutuhan mulai datang (meski ya kadang-kadang) akhirnya saya cari-cari, aplikasi mobile (siapa tau ada) yang bisa menyimpan data-data nomor telepon penting, syukur-syukur aplikasi nya sudah punya datanya jadi ga perlu ribet simpen-simpen nomornya, copas nomornya, pencet2 tombol nomernya.. pokoknya mau telepon, udah tinggal call aja gitu.

So, sambil berkutat di tengah kemacetan ibu kota, buka-buka deh tuh toko aplikasi di smartphone saya..
Dan tadaaaaaa...
Nemu beberapa pilihan, tapi kenapa pas liat aplikasi yang satu ini, kok gemes dan kayaknya sih yaa keren dan cool aja gitu. Akhirnya tanpa pikir panjang, saya download deh tuh aplikasi.

Pas dilihat-lihat, SOOOOOO NICEEEEEEE!
Design nya cool dan user friendly banget!
Dan begitu buka menu awal, langsung di suguhkan 3 menu utama. (yuuuk saya jelaskan satu-satu)

1. Emergency Phone
Dalam menu ini ada beberapa list nomor telepon darurat dan yang ga pernah saya sangka, ada banyaaaak banget nomor yang saya sendiri ga tahu.
Dimulai dari nomor polisi, penerangan, SAR, PMI, Posko Bencana Alam dan masiiiiiih banyak lagi.

2. Commercial
Nah ini bagian favorite saya kompasioner, ada banyak nomo food delivery service, Taksi, airlines, Bank (ini pentiiiing banget, buat blokir kartu kredit yang hilang, ATM ketelan, dsb) terus ada travel agent, insurance, aaaah banyak banget deh dan sumpah ini useful banget!!!

3. Public Service
Dalam bagian ini, juga banyak banget nomor pelayanan masyarakat! Kalau menurut saya, turis pun juga bisa pakai karena ada nomor embassy (even kita mau jalan keluar negeri dan tanya2 pembuatan VISA dan lain lain lainnya lagii deh juga bisa), terus ada nonmor telepon rumah sakit, Hotel pun ada (saya suka, karena demen bepergian, cuma tinggal dibanyakin aja) terus law firm juga ada (kali aja ada yang butuh pengacara karena mendadak di tangkep polisi) hahaha..

Ini apps berguna banget deh pokoknya!!!

Eiitttsss ga cuma itu aja tapi, ada Suggest Number juga, jadi fungsinya bisa untuk nambahin rekomendasi nomor telepon yang list nya ga ada di aplikasi ini, jadi kita pun bisa kasih masukan ;)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline