Lihat ke Halaman Asli

Solusi Konflik Membabi Buta di Negara Seribu Pulau

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Konflik, merupakan suatu hal yang biasa sering terjadi di dalam sebuah keluarga, tatangga, dan masyarakat sekitar yang menjadikan manusia bisa bergejolak dan menjadikan masyarakat yang memiliki satu-kesatuan ini bisa renggang dan mampu memecah belah kehidupan yang sesungguhnya memiliki ideologi bangsa yang kuat. Sehingga mayarakat akan jenuh, penat dengan manusia yang berbeda pandangan dengan melakukan apa yang seharusnya dilakukakan. Satu demi satu konflik bermunculan di negeri seribu pulau ini, dari Sabang sampai Merauke dikumpulkan pastilah seribu konflik ditemukan bahkan jutaan. Indonesia yang kaya akan alamnya menjadikan sebuah jati diri bangsa tinggi dihadapan dunia. Apakah selama ini peran pemerintah sudah maksimal ? Pertanyaan yang mampu mengubah keadaan sosial masyarakat, kesejahteraaan masyarakat dan mampu melindungi kehidupan masyarakat Indonesia. Lima hal yang mampu menjadikan masyarakat bangga terhadap pemimpinnya.

Yang pertama, pangan. Kebutuhan pangan akan mampu menjadikan rakyat tentram. Kebutuhan pokok makan tiga kali sehari dapat terpenuhi, maka rakyat tidak akan berteriak menagih janji pemerintah. Karena kebutuhan pokok inilah yang dapat menunjang adanya berbagai kemampuan manusia untuk bekerja, belajar dan melakukan aktivitas.

Kedua, sandang. Pakaian yang cukup dan layak pakai sudah cukup sebenarnya untuk masyarakat di negara kita.

Ketiga, papan. Rumah sebagai tempat berteduh, tempat berlindung dari panas dan hujan yang layak akan mampu membuat orang lebih merasa aman, nyaman lagi tentram.

Keempat, penerangan. Listrik masuk desa, hal ini masih rawan di negara kita. Masih banyak masyarakat kita yang belum mendapatkan penerangan. Untuk itu apabila ada penerangan yang baik maka akan menjadikan rakyat lebih bisa beraktivitas jauh lebih baik.

Kelima, jalan yang baik. Akses jalan untuk menghubungkan antar desa satu dengan yang lain akan memaksimalkan penghasilan tiap desa. Akses jalan yang baik, misal bisa dengan jalan hotmix. Hal ini semua merupakan upaya yang baik untuk dilakukan demi menghindari timbulnya konflik-konflik yang ad saat ini dan masa mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline