Lihat ke Halaman Asli

Saiful Arif: Marketing Itu Intinya Kreatif

Diperbarui: 15 Januari 2018   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

*dokpri

Pemasaran atau marketing bukan melulu tentang menjual barang kepada pembeli. Marketingsaat ini telah berkembang dan bergeser seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu jenis marketing yang sedang melambung adalah internet marketingatau e-marketing.

"Marketingitu intinya yang paling inti adalah kreatif. Gak ada ilmu yang pasti. Seperti jualan kopi itu lo, bisa belajar dari turun menurun," ujar Saiful pada saat membuka pelatihan E-Marketing di Hotel Tidar, Malang.

Pelatihan E-marketing telah diselenggarakan pada Senin (09/01/2018). Acara ini bertajuk "Pelatihan OnlineMarketing" dan diisi oleh Saiful Arif sebagai pegiat online marketing dan sosial media. Pelatihan e-marketing dipesertai oleh delegasi dari enam desa dampingan Komunitas Averroes yang dilaksanakan di Hotel Tidar, Kota Malang.

Fokus utama peserta pada pelatihan ini adalah pemuda-pemuda desa. Pemuda desa dianggap mampu menjadi aktor dalam e-marketing. Selain itu, pemuda desa juga lebih melekteknologi dan lebih segar dalam menyerap informasi.

"Langsung kita gambarkan mengenai pasar, dalam internet ada begitu banyak ribuan dan jutaan orang, mungkin kalau pasar krempyeng aja yah paling 20-30 orang saja." imbuh Saiful.

Acara ini adalah tindak lanjut dari Program Agrobisnis dan Agrowisata Desa Inovatif. Didasarkan pada kebutuhan desa untuk memasarkan usaha milik desa agar lebih berkembang. Internet memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya pemasaran. Maka dari itu, pelatihan kusus tentang e-marketingpenting diadakan.  

Saat ini perkembangan teknologi kian pesat, dan pemasaran- pemasaran produk telah merambah ke digital. Perkembangan dunia digital ini sangat cepat karena dapat memotong ongkos distribusi dan dapat menjangkau area pemasaran yang lebih luas. E- marketing jika dikuasai secara serius dan  secara signifikan.

Dengan menguasai strategi e-marketing, desa diharapkan mampu memasarkan hasil produk olahan karya masyarakat desa secara lebih modern dan efektif. [Dina]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline