Lihat ke Halaman Asli

Nur SaidAvandi

Taruna Utama Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Sekilas Mengenai Poltekip

Diperbarui: 28 Agustus 2023   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Banyakhal yang bisa didapatkan ketika berhasil lolos dan bersekolah di salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. salah satu keuntungan dari bersekolah di sekolah kedinasan adalah, memiliki jenjang karir yang jelas. hal ini berkaitan dengan sekolah kedinasan yang dinaungi langsung oleh lembaga kementrian. 

Salah satu sekolah kedinasan yang memiliki banyak peminat, adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau yang lebih dikenal dengan Poltekip. dibawah naungan langsung dari Kementrian Hukum dan Ham, Poltekip adalah sekolah kedinasan yang bergerak pada bidang pemasyarakatan. Mungkin banyak yang belum tahu apa itu Poltekip, karena nama Poltekip baru saja diganti pada tahun 2016 dan sebelum berganti nama menjadiPoltekip, sekolah kedinasan ini memiliki nama Akademi Ilmu Pemasyarakatan atau disebut Akip. 

Poltekip memiliki sistem studi D-4 dengan lulusan yang bergelar S.Tr.Pas.  Tidak jauh berbeda dengan sekolah kedinasan lain,pembelajaran dengan sistem JarLatSuh (pengajaran, pelatihan, pengasuhan) diterapkan di Poltekip. keunggulan lain dari Poltekip dibanding dengan perguruan tinggi negeri adalah, tidak dikenakannya biaya per semester dan diberikannya uang saku bulanan untuk siswa yang berhasil masuk di Poltekip. selain itu, para siswa juga mendapatkan pembagian mulai satu set sragam dan juga satu set alat belajar, serta diberikan asrama untuk bertempat tinggal. Sampai dengan saat ini, jumlah siswa yang berhasil masuk di Poltekip mencapai 1.350 siswa, dibagi menjadi 4 tingkat siswa.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline