Lihat ke Halaman Asli

Ave Charity

Mahasiswa

Hilirisasi Digital: Pemerataan Teknologi untuk Meningkatkan Efisiensi di Berbagai Sektor

Diperbarui: 10 Februari 2024   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Calon Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Instagram: prabowo)

Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut dengan Pemilu merupakan instrumen demokrasi di Indonesia yang menjadi sarana perwujudan kedaulatan rakyat dan diadakan secara langsung. 

Di tahun 2024 ini, Pemilu akan diselenggarakan pada hari Rabu, tepatnya tanggal 14 Februari mendatang. Setiap warga negara Indonesia yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan peran calon pemilih wajib melakukan persiapan menjelang hari pencoblosan, dan menggunakan hak suaranya masing-masing sebagai bentuk partisipasi dalam seleksi pemimpin negara.

Permasalahan utama yang dituang ke dalam penulisan artikel ini adalah program pasangan Prabowo-Gibran yang bertajuk hilirisasi digital dan dibahas dengan konsep regulasi komunikasi digital. Istilah tersebut kerap disebut sepanjang debat capres-cawapres berlangsung, namun tidak semua orang memahami apa definisi sesungguhnya dari hilirisasi digital yang dimaksud. 

Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengemukakan pendapat bahwa program yang diusung oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 ini merupakan komponen penting untuk kemajuan bangsa. 

Misi utamanya adalah membangun infrastruktur jaringan dan konektivitas internet secara merata hingga ke pelosok negeri demi menjangkau seluruh masyarakat Indonesia.

Dampak Hilirisasi Digital

Tentunya program ini memiliki dampaknya tersendiri di masa depan apabila betul-betul dijalankan seandainya Prabowo-Gibran terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia. 

Di samping sektor ekonomi, hilirisasi digital bertujuan untuk mengoptimalkan digitalisasi di rantai pasok industri strategis di Indonesia. Penggunaan teknologi untuk mengembangkan pupuk dan bibit unggul, IOT Smartfarming, atau e-commerce khusus pangan dapat diterapkan pada bidang pertanian. 

Dengan adanya hilirisasi digital memungkinkan Indonesia untuk memiliki komoditas data dengan nilai ekonomi yang tinggi. Pada kampanyenya, Gibran juga memastikan adanya akses internet yang cepat di setiap daerah guna mempercepat hilirisasi digital. 

Secara garis besar, hilirisasi digital dalam regulasi komunikasi digital berdampak pada peningkatan efisiensi, produktivitas, inovasi, keamanan, dan aksesibilitas dalam penerapan teknologi digital di beragam sektor dan masyarakat secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline