Lihat ke Halaman Asli

Author Sastra

Menulis dan Membaca

Jangan Lupa, Cuci Tangan di 5 Waktu Penting Ini dengan Sabun

Diperbarui: 25 Juli 2020   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

5 waktu penting cuci tangan (Sumber: Ash shiddicky)

Sabtu, 25 juli 2020. Mencuci tangan merupakan sebuah rutinitas yang sudah lama kita kenal, dimana kita diajarkan sedari kecil agar mencuci tangan. Ketika kecil orang tua mengajarkan kepada kita bahwa mencuci tangan adalah hal yang penting yang selalu diajarkan, bahkan ketika kita menginjak bangku sekolah, baik itu Pendidikan Anak Usia dini atau yang dikenal PAUD maupun taman kanak-kanak (TK) guru akan selalu mengingatkan kia agar mencuci tangan, disetiap aktivitas kita baik itu sebelum makan, setelah mewarnai, dan berbagai aktivitas lainnya.

Dimasa pandemi ini, cuci tangan merupakan sebuah hal atau metode yang selalu digaungkan oleh pemerintah maupun tenaga kesehatan, cuci tangan merupakan salah satu cara yang diajarkan kepada kita untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 atau novel corona virus, yang mana virus ini menyebar melalui droplet atau cairan yang keluar dari mulut atau percikan air ludah pasien terinfeksi, bahkan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah mengakui ada bukti bahwa virus corona dapat disebarkan oleh partikel-partikel kecil yang melayang di udara.

Lalu apa hubungan nya droplet dengan cuci tangan? ya, virus yang dibawa melalui droplet dapat menyebar ke benda-benda yang sering kita sentuh seperti gagang pintu, tangga, meja dan benda lain. Hal ini yang dapat menyebabkan kita terinfeksi virus covid-19 ini. Agar kita terhindar maka cuci tangan adalah salah satu cara agar kita terhindar.

Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir merupakan salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran virus. Hal ini juga ditegaskan oleh badan kesehatan dunia (WHO). Cara ini bahkan lebih efektif membunuh virus dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Lalu kapan saja waktu penting untuk mencuci tangan pakai sabun: 

1. Sebelum makan

Waktu ini sangat penting karena tangan akan bersentuhan dengan makanan yang akan kita makan dan masuk kedalam tubuh.

2. Sebelum menyusui

Ketika akan menyusui sebaiknya melakukan cuci tangan pakai sabun, atau lebih baiknya lagi mandi dan menukar pakaian karena kita berpotensi menularkan virus ke bayi, dan hingga saat ini belum ada kepastian bahwa bayi kebal dari serangan virus yang sedang mewabah ini.

3. Setelah buang air

Sebaiknya setelah buang air baik besar maupun kecil hendaklah anda untuk mencuci tangan karena kamar mandi merupakan tempat kotor yang banyak didiami kuman dan virus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline