Lihat ke Halaman Asli

3 Tempat Wisata Edukasi Menarik di Surabaya

Diperbarui: 4 Juni 2023   08:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Papan Informasi Museum 10 November, sumber: dokumentasi pribadi penulis

Membicarakan soal Kota Surabaya, pasti tidak akan ada habisnya. Kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki banyak hal untuk dibahas, salah satunya adalah tempat wisata edukasinya. Berikut ini, beberapa lokasi wisata edukasi rekomended yang cocok dikunjungi sendiri atau bersama teman-teman saat berada di Surabaya.

Alun-Alun Kota Surabaya

Alun-alun Kota Surabaya, sumber: dokumentasi pribadi penulis

Berlokasi di tengah kota, Alun-alun Kota Surabaya menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Tidak ada tiket masuk ke tempat ini, alias gratis. Pengunjung biasanya bersua foto di lokasi ini karena arsitektur bangunan yang menarik dan fotogenik.

 Alun-alun Kota Surabaya ini masih berada dalam satu lingkungan dengan perpustakaan kota dan museum bawah tanah pertama di Indonesia. Jadi, jika datang ke Alun-alun, rasanya tak lengkap jika tidak berkunjung ke perpustakaan atau museumnya.

Museum bawah tanah, sumber: dokumentasi pribadi penulis

Perpustakaan sendiri buka di weekdays mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Ada banyak koleksi buku di perpustakaan ini. Sementara itu, di museum bawah tanah pengunjung bisa melihat sejarah dibangunnya beberapa tempat di Surabaya. Biasanya, di museum bawah tanah ini juga diadakan pameran seni.

Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November

Monumen Tugu Pahlawan, sumber: dokumentasi pribadi penulis

Monumen Tugu Pahlawan menjadi salah satu ikon dari Kota Surabaya. Lokasinya berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Di sini ada taman dan beberapa kantin yang bisa dijadikan tempat bersantai bagi pengunjung. 

Monumen Tugu Pahlawan masih berada dalam satu wilayah dengan Museum 10 November. Museum ini memiliki 3 lantai. Di dalamnya terdapat diorama, juga barang-barang peninggalan bersejarah berupa jejak-jejak peperangan para pahlawan dalam mendapatkan dan mempertahankan kemerdekaan, seperti senjata api.

Museum ini memiliki tiga sesi waktu kunjungan. Untuk masuk, pengunjung perlu mendaftar tiket di website tiketwisata.surabaya.go.id dan membayar Rp. 10.000. Namun, untuk pelajar bisa gratis, lho! Dengan syarat, menunjukkan kartu pelajar sebelum masuk. 

Museum Pendidikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline