Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Caranya agar Kita Bisa Beruntung dalam Keuangan? Ikuti Cara Berikut

Diperbarui: 3 Desember 2023   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana Caranya Agar Kita Bisa Beruntung Dalam Keuangan? Ikuti Cara Berikut

* Jadilah lebih baik hati, jangan pamer.

Tak ada yang ter- kesan dengan harta Anda melebihi Anda sendiri. Boleh jadi Anda berpikir Anda ingin mobil mewah dan arloji mahal. Namun Anda barangkali sebenarnya menginginkan rasa hormat dan kekaguman Dan Anda lebih mungkin mendapatkannya melalui sifat baik dan rendah hati, ketimbang mobii mewah.

*Menabung. Menabung saja. Tak perlu alasan khusus untuk menabung.

Boleh saja menabung untuk membeli mobil, atau uang muka rumah, atau keadaan darurat medis. Namun, menabung untuk hal-hal yang mustahil diprediksi atau didefinisikan adalah salah satu alasan terbaik untuk menabung, Kehidupan semua orang penuh kejutan. Tabungan yang tak diperuntukkan bagi apa pun yang khusus adalah pelindung terhadap kemampuan kehidupan mengejutkan kita pada saat yang paling tak tepat.

*Temukan biaya keberhasilan dan bersiaplah membayarnya.

Karena tidak ada hal baik yang gratis. Ingat bahwa sebagian besar biaya finansial tak kentara. Ketidakpastian, keraguan, dan penyesalan adalah biaya yang lazim di dunia finansial. Seringkali blayanya layak dibayar. Namun, Anda harus memandangnya sebagai blaya (harga yang layak dibayar untuk ditukar dengan sesuatu yang meriyenangkan) bukan denda (hukuman yang Anda harus hindari).

*Junjung tinggi ruang untuk kesalahan.

Perbedaan antara apa yang dapat terjadi pada masa depan dan apa yang Anda perlukan terjadi pada masa depan agar mendapat hasil baik adalah hal yang memberi Anda ketahanan, dan ketahanan adalah yang memungkinkan penumpukan membuat keajaiban seiring waktu. Ruang untuk kesalahan sering kelihatan seperti pengaman konservatif, tapi jika ruang itu membuat Anda bisa terus bermain, blayanya layak dibayar.

*Hindari ujung-ujung ekstrem keputusan keuangan.

Tujuan dan hasrat tiap orang akan berubah seiring waktu, dan makin ekstrem keputusan Anda pada masa lalu, makin besar penyesalan Anda ketika Anda berkembang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline