Lihat ke Halaman Asli

Aurora Gracia N. S. Pakpahan

Undergraduate Communication Science Student at Gadjah Mada University

Pilihan Wisata di Alun-Alun Kidul, Wisata Irit Favorit Anak Muda!

Diperbarui: 20 Juni 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: dokumentasi pribadi Mei 2023)

Penulis : Claudia Magdalena, Liana Rika Pratiwi, Vannes A. Budiman

Alun-Alun Kidul menjadi salah satu tempat wisata yang cukup ikonik di Kota Yogyakarta, alun-alun ini menjadi bagian penting dari sejarah Keraton Yogyakarta. Keberadaannya telah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam dan sekarang menjadi pusat kegiatan dan tempat wisata yang menarik minat pengunjung. Diketahui bahwa alun-alun ini memiliki banyak sekali pengunjung tiap harinya terutama pada malam hari, dimana Alun-Alun Kidul memberikan suasana dan pengalaman yang menarik di malam hari. Selain itu, lokasi alun-alun yang strategis yakni terletak di pusat kota Yogyakarta, sehingga mudah diakses oleh para wisatawan. Ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin mencari pengalaman wisata yang menyenangkan. 

Berikut pilihan wisata kekinian yang bisa dilakukan di Alun-Alun Kidul : 

1. Wisata Kuliner

 Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang dikenal dengan wisata kulinernya, seperti halnya Alun-Alun Kidul sebagai destinasi wisata kuliner yang beragam mulai dari makanan hingga minuman. Terkenalnya alun-alun sebagai wisata kuliner menjadi salah satu faktor daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, kuliner dan gastronomi yang ada di Alun-Alun Kidul juga ikut berkembang mengikuti tren, sekarang ini sudah banyak ditemui makanan dan minuman modern atau kekinian yang banyak diminati oleh kalangan muda.

"... ya sebelum pandemi lebih banyak kaya makanan-makanan berat kaya nasi, gudeg, krecek... tapi setelah pandemi udah mulai banyak makanan-makanan korea, yang modern-modern gitu." (Bu Agus, pedagang kaki lima Alun-Alun Kidul)

Gambar 1. Suasana kulineran di sekitar Alun-Alun Kidul(Sumber : dokumentasi pribadi Mei 2023)

2. Sarana Hiburan dan Rekreasi

Alun-Alun Kidul ini sering digunakan sebagai tempat titik kumpul dan tempat olahraga oleh para komunitas olahraga lokal, seperti komunitas senam. Kemudian bentuk tanah lapang bisa dimanfaatkan untuk putaran lari yang jauh juga membuat Alun-Alun Kidul dimanfaatkan banyak orang untuk olahraga lari. Selain itu, suasana alkid yang ditanami dua pohon beringin dan lapangan yang ditumbuhi rerumputan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung untuk menghibur diri. Tidak hanya untuk kulineran namun sekedar duduk di tengah lapangan alun-alun menjadi pilihan beberapa wisatawan untuk menghibur diri dan wisata dengan biaya yang sedikit. 

"Oh ngga mba saya emang suka aja disini, beberapa kali disini kaya emang mau kesini saja menenangkan diri sekedar bengong aja kalau lagi stress atau galau dan yaudah merenung menenangkan diri menghibur diri" (Syani, salah satu pengunjung Alkid)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline