Lihat ke Halaman Asli

Aurisa Desanti

Mahasiswa Manajemen, Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Usaha Semakin Mudah Dengan Fintech!

Diperbarui: 20 Mei 2023   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by gpointstudio on Freepik

Perkembangan teknologi yang semakin maju membawa dampak bagi berbagai aspek kehidupan manusia tak terkecuali pada dunia bisnis. Mudahnya akses untuk melakukan kegiatan bisnis menggunakan teknologi dan digitalisasi memungkinkan banyaknya kesempatan kepada masyarakat untuk masuk ke dunia bisnis. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi covid-19 lalu yang mendongkrak segala aktivitas bisnis online menggunakan berbagai macam platform dan banyak memunculkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Selaras dengan penggunaan teknologi dan digitalisasi dalam bisnis ikut mempengaruhi bagaimana cara kita bertransaksi. Banyak perusahaan yang bergerak dibidang keuangan yang memberikan layanan keuangan yang digabungkan denga teknologi sehingga muncullah istilah Financial Technology (Fintech). Dengan adanya Fintech kita tidak perlu lagi bertransaksi dengan tatap muka atau pergi ke bank sehingga menjadi lebih cepat dan praktis.

Perkembangan UMKM yang semakin banyak berbarengan dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang semakin cepat utamanya dalam Fintech akan membawa perubahan dalam pola jual-beli dan transaksi. Jika pelaku UMKM menerapkan Fintech dalam proses bisnisnya akan membantu untuk mendapatkan kemudahan dan efisiensi di aspek keuangan. Fintech juga memberikan solusi keuangan untuk UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Dengan adanya Fintech akan membuat layanan keuangan menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses, meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempercepat penggunaan dan partisipasi, serta dapat menjangkau beragam daerah dan UMKM.

Image by rawpixel.com on Freepik

Fenomena saat ini yang banyak terjadi adalah anak-anak muda yang cenderung lebih suka menyimpan uang mereka di dompet atau bank digital daripada membawa uang cash. Hal ini juga menjadi perhatian untuk pemilik bisnis UMKM agar dapat memfasilitasi pelanggannya dengan menyediakan layanan pembayaran online atau cashless. Fasilitas pembayaran tersebut pasti sangat memudahkan kedua belah pihak, karena pelanggan tidak perlu membawa uang tunai banyak di dalam dompet dan pemilik bisnis tidak kesusahan mencari kembalian.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat oleh UMKM maka penting sekali menerapkan Fintech dalam rangkaian bisnisnya karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengguna smartphone yang sangat banyak di Indonesia juga menjadi faktor pendukung untuk penggunaan layanan Fintech. Kolaborasi antara UMKM dan juga Fintech membawa bisnis semakin berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline