Lihat ke Halaman Asli

Auria Rodina

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Bisnis Startup di Indonesia Masih Menjanjikan?

Diperbarui: 2 Oktober 2023   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bisnis startup adalah jenis bisnis yang berfokus pada pengembangan dan penerapan inovasi baru dalam suatu produk, layanan, atau model bisnis, atau menciptakan produk atau layanan yang belum ada sebelumnya. Bisnis startup menawarkan solusi yang berbeda dan lebih efisien dan berusaha mengubah cara orang berinteraksi atau menjalankan aktivitas tertentu.

Bisnis startup harus memiliki budaya yang mendukung inovasi, kreativitas, dan fleksibilitas, sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan pasar, perubahan kebutuhan pelanggan, dan atau perubahan tren industri. Keterlibatan teknologi juga menjadi sebagai salah satu komponen kunci dalam bisnis startup. Teknologi berupa perangkat lunak, platform online, atau teknologi lainnya yang memungkinkan mereka mencapai tujuan mereka untuk menggarap pasar potensial yang besar.

Sering kali, startup memulai bisnisnya dengan modal yang terbatas, misalnya pendanaan pribadi atau pendanaan dari keluarga. Kemudian mereka mencari sumber pembiayaan tambahan, yaitu investasi dari investor seperti venture capital, angel investor, atau crowdfunding dan lainnya, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Salah satu risiko utama startup yang dapat menguji daya tahan dan keberlanjutan bisnis adalah ketidakpastian pasar. Tingginya tingkat ketidakpastian dan kecepatan perubahan dalam lingkungan bisnis startup juga menciptakan risiko operasional. Akan tetapi, keberhasilan yang dapat dicapai oleh startup memiliki potensi imbal hasil yang sangat besar. Startup yang berhasil tidak hanya mencapai pertumbuhan yang pesat, tetapi juga dapat mengubah industri atau menciptakan pasar baru.

 

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Bisnis startup di Indonesia dimulai sebelum tahun 2000 dan telah mengalami perkembangan pesat hingga saat ini. Hal ini juga didukung oleh internet yang mulai menyebar luas di Indonesia pada masa itu. 

Pada tahun 1999, muncul situs web dan forum komunitas online pertama seperti Kaskus, yang berawal sebagai forum diskusi berbasis komunitas, kemudian berkembang menjadi platform berita, iklan baris, dan toko daring.

Perkembangan bisnis startup semakin terasa dari masa ke masa. Pada tahun 2009, Tokopedia berdiri sebagai salah satu marketplace pertama di Indonesia dengan menciptakan platform e-commerce untuk membantu individu dan penjual kecil berjualan secara daring. 

Pada periode 2010 sampai dengan 2012, muncul sejumlah startup berpengaruh lainnya, seperti layanan ojek daring Gojek pada tahun 2010; e-commerce Blibli yang fokus pada produk-produk resmi di Indonesia pada tahun 2011; dan platform pemesanan tiket pesawat dan hotel Traveloka pada tahun 2012.

Pada periode 2014 sampai dengan 2016, bisnis startup di Indonesia mengalami perkembangan secara signifikan. E-commerce menjadi salah satu sektor utama yang berkembang pesat selama periode ini, dimana Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada merupakan perusahaan besar yang mendominasi pasar e-commerce Indonesia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline