Lihat ke Halaman Asli

BBK 4 NGEMBUNG

Kelompok KKN BBK 4 UNAIR

Cendol Daun Kelor, Inovasi Minuman Olahan Sehat dan Lezat

Diperbarui: 26 Juli 2024   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

        Dukung inovasi pembuatan minuman olahan tradisional, Mahasiswa Universitas Airlangga yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Ngembung menggandeng Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk mengadakan demonstrasi pembuatan minuman olahan cendol dari daun kelor. Kegiatan yang dilakukan pada Minggu, 21 Juli 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam mengolah daun kelor yang berkhasiat menjadi olahan yang lezat.

        Kegiatan ini dilaksanakan di halaman balai desa Ngembung dan dihadiri oleh 27 peserta ibu-ibu PKK. Kegiatan ini membuka pandangan baru tentang cara pengolahan daun kelor dari yang sebelumnya hanya dijadikan sebagai lalapan. Namun, saat ini, daun kelor dapat diolah menjadi minuman yang manis, lezat, dan berkhasiat lewat olahan cendol kelor ini.

        Cendol merupakan salah satu minuman olahan tradisional yang digemari di Indonesia.  Cendol sendiri dapat dimodifikasi dengan mengubah bahan bakunya. Salah satunya dengan menggunakan daun kelor, daun yang memiliki banyak khasiat ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan protein. Daun kelor atau Moringa Oliefera ini kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Inovasi cendol daun kelor tidak hanya memberikan variasi rasa yang unik tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

        Untuk mendapatkan cendol yang lezat & berkhasiat ini, anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Berikut ini beberapa bahan yang diperlukan :

A.Bahan Cendol

1. 150 gram kelor

2. 7 sdm tepung beras

3. 10 gram nutrijel plain

4. 10 gram gula pasir

B.Bahan Gula

1. 200 gram gula merah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline