Lihat ke Halaman Asli

Aurelia Ari sigit

Universitas Jember

Sejarah Ilmu Ekonomi Politik

Diperbarui: 8 Maret 2024   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi merupakan ilmu yang mengatur tentang keuangan melalui sistem produksi,distribusi, konsumsi, nilai tukar, suku bungan, dan perdaganggan internasional. Selain itu ilmu ekonomi juga mempelajari bagaimana cara manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari dengan menggunakan sumber daya yang ada. Dengan mempelajari ilmu ekonomi kita dapat mengetahui bagaimana perilaku ekonomi masyarakat, serta mengerti atas kebijakan ekonomi yang ada di negara kita. 

Kebijakan dalam ilmu ekonomi merupakan bagian dari ilmu politik. Ilmu politik merupakan suatu ilmu mengenai suatu kebijakan atau aturan yang dibuat oleh pemerintah untuk masyarakat. Ilmu politik ini sendiri dibuat untuk mengatur masyarakat  agar mencapai kepentingan bersama.

Dapat kita ketahui bahwa ekonomi politik merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh pemerintah guna mengatur jalannya perekenomian pada suatu negara. Langkah pemerintah bertujuan untuk memajukan ekonomi suatu negara dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menunjang kepentingan serta mensejahterakan suatu negara dengan melakukan strategi yang menunjang kehidupan masyarakat yang lebih baik. Agar setiap kebutuhan masyarakat terpenuhi maka pemerintah membentuk infrastruktur negara menjadi lebih baik, seperti menyediakan trasportasi, pengairan,serta Pembangunan dan fasilitas publik guna meningkatkan sumberdaya manusia agar negara dapat menghadapi permasalahan yang semakin berkembang secara global. Apabila negara mampu bersaing secara global maka negara tersebut mampu meningkatkan pedapatan negara, dan membuat negara dapat bekerjasama dengan negara lain yang berkaitan dengan ekonomi politik internasional.

Ekonomi politik intrnasional mempelajari tentang perekonomian secara global yang mana interaksi negara serta Perusahaan multinasional, dan organisasi internasional. Dalam ekonomi internasional terdapat pertentangan antara meningkatnya interpendensi untuk mengatur ketergantungan. Setiap negara pasti menggingginkan keuntungan yang maksimal dengan adanya perdagangan bebas. Maka dari itu untuk mengatur hal tersebut ditengahi oleh sebuah organisasi internasional yang mengatur tentang ekonomi internasional.  Dapat dikatakan bahwa kegiatan negara berjalan melalui logika sistem pasar, di mana pasar diperluas secara geografis dan kerja sama antarnegara di berbagai aspek diperluas melalui mekanisme harga. Serta kebijakan politik dapat mempengaruhi struktur ekonomi.

Ekonomi politik digunakan sejak abad 16 oleh antony montchetien, yang kemudiang dikembangkan Kembali oleh sir james steuart. Ekonomi politik menjadi popular pada abad ke 18, pada saat adam smith menulis buku yang berjudul the wealth of nations pada tahum 1776. Buku tersebut berisi tentang ekonomi politik sebagai ilmu yang beraitan dengan kenegaraan yang memiliki dua tujuan yaitu, untuk menyediakan pendapatan yang melimpah serta menyediakan sumber daya bagi negara untuk pelayanan public. Adsam smith juga berpendapat bahwa pasar bebas dapat mencapai keseimbangn sendiri tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Selain itu pada abad ke 18 sebagain besar sebagai reaksi terhadap merkantilisme, ketika adam smith, David hume, dan fancois queasy milai melakukan pendekatan terhadap ekonomi politik ini secara sistematis. Para peneliti tersebut mengambil pendekatan sekunder, menolak untuk menjelaskan distribusi kekayaan dan kekuasaan berdasarkan kehendak tuhan melaikan berdasarkan faktor politik, ekonimi, teknologi, alam dan sosial serta adanya interaksi antara beberapa faktor faktor tersebut. 

Dalam teori abad ke 18 ini lebih menekankan pada peran individu dibandingakan dengan peran pemerintahan. Hal ini telah tertulis dengan gagasan adam smith yaitu tangan tak terlihat, yang bermakna bahwa kebikan sebuah negara sering kali kurang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dibandikan tindakan individu itu sendiri. Yang mana individu sendiri hanya inggin intuk memajukan sekejahteraan pada hidupnya sendiri, namun dengan melakukan hal tersebut mereka juga memajukan kepentingan masyarakat seolah-olah mereka dibimbing oleh tangan yang tidak terlihat.

Pada abad ke 19 David ricardo juga mengembangkan ilmu ekonomi politik milik adam smith dengan menciptakan teori teori baru seperti teori komparatifyang membahas tentang keuntungan perdaganggan antar negara yang bias akita sebut dengan perdaganggan internasinal.perdagangan internasional yang dimaksud ialah ekspor barang.  yang mengemukakan bahwa negara harus memproduksi dan mengekspor hanya barang-barang yang dapat mereka hasilkan dengan biaya lebih rendah dibandingkan negara lain dan mengimpor barang-barang yang dapat diproduksi oleh negara lain dengan lebih efisien---menyoroti manfaat kebebasan.

 Hingga pada abad ke 20, ekonomi politik berkembang menjadi dua aliran yaitru ekonomi politik kiri kanan dan ekomoni politik kiri, yang didukung oleh pemikiran karl marx, yang menekankan kontrol sosial atas sumber daya ekonomi dan redistribusi kekayaan untuk mengurangi kesenjangan sosial. Sementara itu aliran ekonomi politik kanan dipengaruhi oleh pikiran liberal dan konservatif yang menekankan pada pentingnya pasar bebas, yang mana kebebasan setiap individu dalam mengambil Keputusan ekonomi serta minimnya campur tangan pemerintahan.

Pada abad ke-20, ketika ilmu-ilmu sosial (khususnya ilmu ekonomi dan politik) menjadi semakin abstrak, formal, dan terspesialisasi dalam fokus dan metodologi, ekonomi politik dihidupkan kembali untuk memberikan pandangan yang lebih luas tentang kompleksitas nasional dan internasional. isu dan peristiwa. Bidang ekonomi politik saat ini mencakup beberapa bidang kajian, antara lain hubungan politik dan ekonomi, permasalahan politik dan ekonomi nasional, studi perbandingan sistem politik dan ekonomi, serta ekonomi politik internasional. 

Munculnya ekonomi politik internasional, pertama dalam hubungan internasional dan kemudian sebagai bidang studi tersendiri, menandai kembalinya ke akarnya sebagai studi holistik mengenai individu, negara, pasar dan perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline