Lihat ke Halaman Asli

Neurocence yang Ada pada Diri Manusia

Diperbarui: 19 Februari 2022   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sejak dini pasti anak oleh orang tuanya sudah diajarkan namanya pola belajar , tetapi , juga tidak jarang anak anak menemukan pola belajarnya sendiri dengan berjalannya waktu. Pola belajar anak dari satu dengan yang laninnya itu berbeda beda. 

Ada yang pola belajarnya dengan mendengarkan seperti anak lebih paham dengan mendengar apa yang diajarkan. Ada pula dengan menulis jadi anak lebih paham apa yang diajarkan kepadanya dengan menulis materi yang telah diajarkan. 

Apakah pola belajar anak dapat mempengaruhi cerdas tidaknya anak ? menurut saya tidak , menurut saya kecerdasan anak anak itu 99 % di turunkan dari ibunya. Tetapi, tidak jarang juga dari pola ajar orang tuanya sejak dini. Pola belajar ini menyambungkan dengan sistem saraf manusia.

Pola belajar ataupun proses belajar yang dapat membuat anak lebih cepat paham bisa dilakukan dengan kasih sayang, Kasih sayang yang diberikan orangtua , guru ataupun lingkungan sekitar anak. Kegiatan kasih sayang tersebut dapau untuk memberi pembentukan karakter anak usia dini dengan baik. Serta untuk mempercepat pembentukan karakter anak usia dini dan juga membantu meningkatkan kecerdasan yang dimiliki oleh anhak ausia dini. 

Peningkatan kecerdasan serta pembentukan karakter anakpun juga berbeda beda, tergantung anak usia dini itu sendiri.Pembentukan sistem saraf manusia atau anak usia dini diketahui dari perubahan bentuk, penambahan huruf, susunan huruf yang membentuk sebuah kata biasanya diajarkan dalam pendidikan anak. 

Pendidikan anak tidak hanya dari guru tetapi juga orangtua. Pendidikan anak usia dini pertama kali didapat dari orangtuanya serta lingkungan sekitar anak.

Pendidikan sendiri memiliki arti wadah bagi anak ataupun siswa untuk menggali ilmu yang dilakukan disekolah ataupun rumah. Bukan hanya anak tetapi juga orang dewasa butuh dengan pendidikan. Pendidikan bisa dicari sampai akhir hayat. Ada pepatah yang mengatakan carilah ilmu setinggi langit dan kerjarlah ilmu sampai kenegeri cina. 

Pendidikan dilakukan seseorang sejak kecil ( anak anak ). Pendidikan pada anak usia dini pertama kali dari orangtuanya yang anak suia dini akan menerima apa yang dikatakan orangtuanya dan apa yang diajarkan orangtuanya.

  • Hubungan Neuronscience Dengan Pendidikan
  • Neuronscience sediri memiliki arti sistem saraf yang berada dalam tubuh manusia. Sistem saraf manusia sangat berhubungan dengan pendidikan. Sistem saraf memiliki kegunaan untuk peningkatan pengajaran metode, kurikulum dalam penelitian, dan penemuan untuk belajar memori serta bahasa. Perkembangan pada pebdidikan juga dipengaruhi dari sistem saraf terutama anak anak. 
  • Apabila anak anak sistem sarafnya sudah terganggu sejak kecil maka pertumbuhan yang menyangkut dengan sistem saraf akan terganggu juga atau akan mengalami kesulitan untuk mengikuti pedidikan.

  • Sistem saraf  yang berpusat pada tulang belakang dan otak , ini yang membuat seseorang ataupun anak anak melakukan atau mengerjakan sesuatu dengan sengaja maupun kegiatan yang tidak disengaja.Otak erupakan tempat untuk merangsang ataun untuk memhami kerja sel saraf, sirkuit saraf dan nermotransmiter.

  • Riset dan Isu pada otak manusia
  • Otak manusia memiliki jaringan yang sangat berbelit atau rumit. Otak manusia memiliki daya tampung yang besar yang dapat mengolah atau menyimpan banyak informasi yang telah didapat oleh manusia tersebut. 

  • Otak manusia bisasanya digunakan untuk pendekatan ataupun  untuk pendidikan atau pekajaran yang berhubungan dengan psikologi manusia. Denagn menjelajahi otak manusia dapat menemukan pemecahan masalah yang telah didapat oleh manusia itu sendiri. Tidak hanya masalah tetapi pikiran dan perasaan juga membutuhkan kinerja dari otak. 

  • Otak juga terkadang memiliki kegagalan fungsi sel otak yang akn mengakibatkan gangguan mental dan bisa juga gangguan psikologi yang dialami manusia terutama pada anak usia dini. Karna anak usia dini rawan dengan kegagaln apabila tidak adanya bantuan dari  orangtua ataupun lingkingan sekitar anak usia dini. 

  • Koneksi otak dan psikologi manusia terdapat koneksi faktanya, terdapat tingkah laku, perasaan, pikiran alam bawah sadar. Medis bisa dilihat dari CT Scann untuk melihat ada yang cidera tidak pada otak. Nah dengan adanya hal ini dapat dibuktikan bahwasannya otak dengan psikologi manusia sangat berhubungan.

  • Berbicara tentang riset dan isu pada otak manusia para ilmuan atau para ahli mengatakan atau mengemukakan bahwasannya dari otak manusia kita dapat menemukan cara berfikir , dengan adanya manusia menjadikan otak manusia sebagai sumber itama darai perubahan tingkah laku, keceerdasan yang dimiliki manusia dan setiap manusia pasti berbeda beda.

  • Dengan melalu pembelajata neurouncience manusia dapat menemukan proses pembelajaran yang saling berhubungan terutama psikologi pada manusia. Melalui neuoronscise juga akan menciptakan atau membuat perubahan tingkah laku ataupun menjaga psikologi yang di miliki oleh manusia. 

  • Dari oembelajata ini juga kita aan menemukan banyak ataupun beberap sistem ataupun metode yang dicari ataupun di butuhkan oleh manusia.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline