Lihat ke Halaman Asli

Auranda Sausan Nabila

Mahasiswa SV IPB 58

Upaya Penaggulangan Covid-19 yang Semakin Memburuk

Diperbarui: 12 Juli 2021   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

covidcare.id

Covid-19 atau yang biasa disebut virus corona merupakan virus yang menyebar luas pada awal tahun 2020 hingga kini 2021, yang dimana kondisinya semakin memburuk. 

Rasanya kurang lebih 2 tahun ini menjadi tahun yang sangat bersejarah, dan tidak dapat dipungkiri akan adanya wabah yang mematikan seperti sekarang. Mengapa disebut mematikan? Karena semua kegiatan diberhentikan begitu saja demi memutus rantai penyebaran virus. 

Dengan diberhentikannya segala kegiatan yang ada, dan penyebaran yang begitu mudah, gejala yang menyerupai penyakit biasa bahkan semakin sulit untuk ditebak membuat pemerintah sangat khawatir akan keberlangsungan kehidupan masyarakat.

Segala upaya dilakukan pemerintah dengan tujuan memperpendek penyebaran. Pemerintah mengadakan vaksinasi yang tengah beredar, dan hal tersebut memunculkan berbagai macam persepsi. Dan tentunya tidak hanya itu saja, bahkan karena kondisi sekarang yang semakin memburuk. 

Pemerintah tengah berupaya memunculkan kebijakan PPKM darurat (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat yang berlaku efektif mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Demi mengupayakan penanganan Covid-19 yang semakin memburuk.

Fakta mengenai vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 adalah salah satu upaya dan harapan pemerintah dalam pengupayaan penekanan penularan virus. Tentunya banyak bermunculan berbagai macam persepsi dan keraguan mengenai vaksinasi Covid-19. 

Vaksin Covid-19 dipastikan telah melaui tahapan - tahapan kelayakan sebelum disebarluaskan dan telah teruji klinis evaluasi BOPM. Bahkan Presiden RI, Bapak Joko Widodo telah menjadi penerima vaksinasi pertama di Indonesia, yang setelah itu baru disebarluaskan kepada masyarakatnya.

Dilakukannya vaksinasi bertujuan untuk melindungi tubuh dengan menciptakan respon antibodi pada tubuh. Bekerja dengan membentuk sistem kekebalan tubuh dalam mengenali, melawan, dan tentunya melindungi tubuh dari infeksi Covid-19. Vaksin dapat mencegah tubuh dari potensi hadirnya sakit parah atau komplikasi serius lainnya yang dikhawatirkan kepada lanjut usia atau yang sebelumnya sudah mempunyai penyakit. 

Dan proses vaksinasi ini menimbulkan berbagai macam gejala, dan gejala tersebut normal terjadi sebagai tanda bahwa tubuh sedang bekerja, merespon, dan membangun perlindungan antibodi terhadap virus Covid-19.

 Ketakutan dan gejala yang terjadi terkait vaksinasi Covid-19

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline