Lihat ke Halaman Asli

Financial Technology

Diperbarui: 17 Agustus 2024   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

   Di era digital semakin berkembang teknologi yang ada di dunia. Yang berkembang bukan hanya dari segi alat digital seperti smartphone dan lain-lainnya. Tetapi dari segi keuangan juga ikut berkembang. Lalu bagaimana teknologi itu berjalan dan dibutuhkan di masa sekarang?

    Dalam segi keuangan kita tidak hanya mempelajari tentang mengelola pengeluaran kebutuhan hidup. Tetapi, harus memikirkan cara untuk menabung, berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi.

   Dengan begitu kita bisa lebih bijak dan cerdas dalam mengatur keuangan. Cara keuangan yang tadi di jelaskan itu adalah dari financial technology atau bisa disebut fintech.

    Financial Technology adalah cara baru untuk memanfaatkan teknologi agar urusan keuangan kita menjadi lebih mudah. Contohnya , kita bisa membayar tagihan , transfer uang dan membayar online shop hanya dengan memncet smartphone kita .

     Fintech juga bisa membantu kita untuk mengelola keuangan seperti menabung, menyetor, transfer atau berinvestisasi dengan lebih praktis di karenakan adanya tekhnologi ini. Lalu kita juga tidak perlu berpergian ke bank ataupun teller untuk semua transaksi , hanya cukup memencet tombol di smartphone.

     Pada intinya Fintech adalah teman sehari-hari kita untuk membuat urusan kita menjadi lebih simpel, lraktis dan cepat.

Fintech juga bertujuan untuk membuat layanan keuangan agar lebih mudah diakses oleh semua orang terutama bagi mereka yang tidak mempunyai rekening bank dan juga bisa membantu mengatasi masalah seperti transaksi jual-beli dan mentransfer dana tanpa haris oeegi ke bank.

  Di Indonesia sudah banyak contoh-contoh transaksi dari fintech yaitu di antara lain:

Perbankan Seluler

Sistem Pembayaran Digital

Alat Manajemen Keuangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline