Lihat ke Halaman Asli

aura aulia dewiku

mahasiswa hubungan internasional

Al-Mawardi: Konsep Negara dalam Prespektif Islam

Diperbarui: 25 September 2022   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara merupakan suatu wilayah yang memiliki penduduk, sistem pemerintahan dan pengakuan kedaulatan dari negara lain. Negara memiliki konsep yang berbeda-beda menurut para ahli. Setiap negara pasti memiliki pemimpin dan sistem pemerintahan, karena tanpa adanya sistem pemerintahan yang mengatur dalam suatu negara maka negara itu tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu politikus muslim yang mengeluarkan pendapatnya tentang konsep negara dalam prespektif islam.

Al Mawardi adalah seorang ilmuan yang ahli dalam fiqh dan juga dikenal sebagai politikus muslim. Al Mawardi memiliki nama lengkap yaitu Abu Al-Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al Mawardi Al Bashri, beliau sendiri mendapatkan gelarnya  karena keahliannya dalam berpendapat dan berargumen. Ia juga pernah menjabat sebagai hakim agung dan perwakilan diplomat negara. Banyaknya karya-karyanya yang mendapatkan perhatian oleh kaum barat menegenai pemikirannya tentang kehidupan sosial politik. Menurut Al Mawardi sendiri suatu negara merupakan suatu bentuk media terciptanya kesejahteraan dan kemashlahatan umat. Menurutnya manusia merupakan mahluk sosial yang diciptakan Allah SWT dengan banyak kekurangan, maka dari itu terciptanya ketergantungan antar manusia dan mendorongnya untuk saling tolong menolong, dan dari sinilah sebuah negara tercipta.

Menurutnya dibutuhkan 6 sendi utama dalam terbentuknya suatu negara, yaitu pertama adalah agama yang dijadikannya sebagai landasan dasar suatu negara. yang kedua dibutuhkannya sesosok pemimpin yang adil dan bijaksana, ketiga dibangunnya keadilan agar terciptanya kemashlahatan didalam suatu negara, keempat terbentuknya keamanan suatu negara, yang kelima diperlukan kesuburan tanah untuk membentuk suatu kemajuan ekonomi dan budaya, dan yang terakhir perkembangan peradaban terhadap generasi dimasa mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline