Lihat ke Halaman Asli

Literasi Ekologi Sebagai Bentuk Menjaga Kelestarian Alam

Diperbarui: 7 November 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Apa itu literasi ekologi ?

Dilansir dari ejournal.uin-suka .ac.id, Ekologi dikenal sebagai ilmu yang mempelajari korelasi timbal balik  antara makhluk hayati menggunakan lingkungannya. Makhluk hidup dalam perkara pertanian artinya tumbuhan, sedangkan lingkungannya bisa berupa air, tanah,unsur hara, serta lain-lain.

Kata ekologi sendiri asal dari 2 kata pada bahasa Yunani, yaitu oikos serta logos. Oikos ialah tempat tinggal  atau rumah, sedangkan logos merupakan ilmu atau pengetahuan. 

Jadi ekologi adalah "ilmu yg menyelidiki organisme pada tempat tinggalnya". Umumnya yang dimaksud dengan ekologi merupakan "ilmu yg menyelidiki korelasi timbal kembali antara organisme atau kelompok organisme menggunakan lingkungannya" waktu ini ekologi lebih dikenal sebagai "ilmu yang mempelajari struktur dan  fungsi berasal alam". Bahkan ekologi dikenal sebagai ilmu yang mengkaji rumah tangga makhluk hayati.

Kata ekologi pertama kali diperkenalkan oleh Ernst Haeckel seorang pakar biologi Jerman di tahun 1866. Beberapa para pakar hayati pada abad ke 18 serta 19 sudah mempelajari bidang-bidang yang kemudian termasuk pada ruang lingkup ekologi. 

Contohnya Anthony van Leeuwenhoek, yang populer menjadi perintis penggunaan mikroskop, juga perintis pada studi tentang rantai kuliner serta regulasi populasi. Bahkan jauh sebelumnya, Hippocrates, Aristoteles, dan  para filosuf Yunani sudah menulis beberapa materi yang sekarang termasuk pada bidang ekologi.

Dilansir dari ejournal.ihdn.ac.id, Literasi ekologi ialah sebuah keadaan dimana individu sudah memiliki pengetahuan serta sikap yang baik perihal lingkungan hidup serta bisa bertindak yang membentuk dampak positif bagi lingkungan.

 Komponen literasi ekologi terdari asal enam komponen yaitu  akibat, pengetahuan ekologis, pengetahuan sosial politik, pengetahuan perihal masalah lingkungan, kemampuan kognitif dan  sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Literasi ekologi sangat berperan dalam menjaga kelestarian alam, beberapa cara literasi ekologi pada menjaga kelestarian alam :

1. Pemahaman Ekosistem

Literasi ekologi dapat membantu seorang memahami bagaimana cara kerja ekosistem, termasuk hubungan antara banyak sekali organisme serta faktor-faktor lingkungan. Memakai adanya pemahaman ini, seorang bisa lebih baik saat menjaga kestabilan ekosistem.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline