Lihat ke Halaman Asli

Light House Marketing, Membangun Industri Kreatif Seluruh Daerah dari Bandung

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Light House atau dalam bahasa Indonesianya adalah mercusuar merupakan sebuah perumpaan tentang satu sumber cahaya yang menjadi petunjuk dari satu titik ke wilayah yang diteranginya. Konsep seperti itu kemudian dikaitkan dengan konsep pemasaran pada umumnya.

Bandung, sebuah kota kecil yang memiliki potensi Industri Kreatif yang sangat besar. Bahkan telah diakui oleh kalangan Internasional.

Saat ini pemerintah menggalakkan berbagai program untuk membangun Industri kreatif yang begitu mempesona ini. Berpotensi besar sebagai sumber pendapatan Negara. Tapi sayangnya, pemerataan menjadi masalah tersendiri ketika banyak daerah di Indonesia justru kekurangan sumber daya itu kuhusnya sumber daya manusia kreatifnya. Lebih disayangkan lagi, putera daerah yang merantau ke Bandung pun, yang menggeluti bidang kreatif menjadi enggan balik ke daerah asal mereka untuk membangun industry kreatif disitu.

Wajar menurut saya terhadap penolakan itu. Karena lingkungannya tidak sepenuhnya mendukung. Karena membangun suatu indsutri itu memang kompleks. Oleh karena itu, ada sebuah strategi yang memungkinkan untuk membangun kantong-kantong indsutri baru di daerah. Strategi itu adalah Light House Strategy.

Light House atau dalam bahasa Indonesianya adalah mercusuar merupakan sebuah perumpaan tentang satu sumber cahaya yang menjadi petunjuk dari satu titik ke wilayah yang diteranginya. Konsep seperti itu kemudian dikaitkan dengan konsep pemasaran pada umumnya.

Konsep strategi ini menjadikan Bandung sebagai Light House-nya Industri Kreatif di Indonesia. Sumber daya manusia kreatifnya tidak perlu harus ke daerah mereka kalau lingkungan tidak mendukung sepenuhnya. Caranya adalah dengan menciptakan produk yang berbasihkan kearifan lokal memproduksinya di Bandung lalu memasarkannya ke daerah asal atau bahkan dipertukarkan antar daerah sehingga memungkinkan pasar yang lebih besar. Strategi ini mungkin akan sedikit memakan biaya lebih besar, namun effort yang diberikan akan jauh lebih besar. Di masing-masing daerah sendiri akan dibangun unit bisnisnya yang akan membuat produk tersebut sampai ke tangan konsumen disana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline