Kemungkinan besar kamu tahu melakukan bisnis di platform digital adalah hal yang mudah saat ini. Atau bahkan kamu sudah memulainya?
Namun tidak banyak yang tahu untuk memasarkan produk secara online juga butuh strategi jangka panjang. Tidak cukup dengan membuat akun dagang di e-commerce, kemudian menunggu customer dan berharap akan laris dalam sekejap.
Kemudahan bisnis di platform digital memang membuka kesempatan, peluang, dan pemasukan dengan instan. Begitu seharusnya, bukan? Tapi, adanya platform digital juga membuka persaingan yang tak terkira.
Bisnis di platform digital itu artinya mengglobal, kamu harus siap tunjukkan produkmu kepada dunia. Jika bisnis konvensional kamu cukup membuka toko di pasar, maka sainganmu hanya lingkup lokal, kamu bisa mengenal siapa pemiliknya dan apa yang bisa dipelajari untuk mengunggulinya.
Di platform digital, barangkali sudah ada banyak pelaku bisnis yang jauh lebih unggul dan kamu tidak bisa melacak siapa dia.
Jika berbicara konsekuensi, beginilah cara dunia digital bekerja. Untuk itu memulai bisnis secara online butuh strategi dan kesiapan.
Dalam artikel ini, kamu akan tahu bagaimana pentingnya memanfaatkan platform media sosial dan bagaimana menjaga kredibilitas bisnismu.
Hal tersebut agar begitu kamu memulai, bisnismu tidak langsung terpuruk. Sebaliknya, perlahan akan meningkat dan dikenal.
Inilah beberapa trik untuk membantu kamu membangun dan mengelola bisnis secara online:
1. Ciptakan Branding, Kemudian Pertahankan!
Dimulai Dari Nama Produk
Tahap pertama yang kamu perlu pikirkan adalah apa jenis produk yang akan atau sedang kamu jual?