Lihat ke Halaman Asli

Digitalisasi Marketing Mendorong UMKM Desa Ampelgading ke Era Baru

Diperbarui: 4 Agustus 2024   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN Jantra FBD Kelompok 82 bersama pemateri Kak Abdul Muis Nawawi, beberapa perangkat desa, dan masyarakat pelaku UMKM (Dok. Jantra 82)

Suasana di Margading Coffee hari ini terasa berbeda dari biasanya. Joglo Kopi yang biasanya dipenuhi oleh para pecinta kopi lokal, kali ini menjadi pusat perhatian bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Desa Ampelgading. Mereka berkumpul untuk mengikuti sosialisasi digital marketing, sebuah acara yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia digital kepada UMKM setempat.

Dalam era yang serba digital ini, sangat penting bagi pebisnis untuk dapat memasarkan produknya secara online. Digital marketing bukan hanya tentang beriklan di internet, tetapi juga tentang cara-cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memperkuat merek. Inilah yang menjadi fokus utama acara sosialisasi hari ini. Azzam mengatakan “harapan besar kami setelah kegiatan ini dapat memberi wawasan baru untuk para pelaku UMKM yang ada di Ampelgading dan para pelaku UMKM dapat menerapkan hal tersebut sehingga meningkatkan penjualan”.

Acara ini dihadiri oleh pelaku UMKM, ketua RW setempat, serta perwakilan dari Kelompok Tani yang antusias mendengarkan pemaparan dari pemateri digital marketing, Saudara Abdul Muis Nawawi. Dalam sosialisasi tersebut, para peserta yang hadir mendapatkan banyak ilmu baru tentang digital marketing. Mereka juga diajarkan tentang bagaimana menggunakan media sosial seperti Facebook, Tiktok dan Instagram untuk mempromosikan produk mereka, materi tentang strategi pemasaran digital, hingga teknik pemasaran melalui iklan online di Tiktok. Materi yang disampaikan juga tak hanya disampaikan oleh pemateri undangan, karena 2 orang anggota kelompok kami yang memiliki usaha juga menyampaikan materi mengenai penjualan melalui E-Commerce. 

Pak Sutomo, selaku ketua perkumpulan Kelompok Tani merasa sangat terbantu dengan sosialisasi ini. “Kegiatan sosialisasi digital marketing sangat bermanfaat bagi pelaku usaha,karena di era sekarang promosi dan market sebagian besar melalui teknologi termasuk medsos,sehingga jangkauan market lebih luas,” katanya dengan penuh antusias.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline