Lihat ke Halaman Asli

Harapanku Menjadi Guru

Diperbarui: 4 Oktober 2015   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hampir 10 tahun saya menjadi seorang guru. Ada banyak cerita suka maupun duka yang mengiringi perjalanan menjadi seorang guru. Dan tentu pasti banyak harapan yang diinginkan. Salah satu dari harapan itu adalah saya ingin membekali siswa dengan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan mereka nanti. Sungguh sangat senang rasanya jika mendengar berita jika siswa kita berhasil mencapai cita-citanya.

Siswa jaman dulu dengan jaman sekarang,menurut saya berbeda. Siswa jaman sekarang lebih banyak tantangannya. Sekarang dunia dengan segala kompleksitasnya,media ada dimana-mana dan siswa dengan mudah mengakses itu semua. Kita sebagai seorang guru harus mampu membimbing siswa. Kita tidak hanya mengajarkan materi pelajaran kepada siswa tetapi kita juga harus bisa mendidik siswa menjadi pribadi yang baik. Dan itu perlu teladan dari kita. Tidak hanya memberikan nasehat, tetapi yang paling penting kita harus memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa.

Menjadi seorang guru harus bisa menjadi teladan yang baik bagi siswanya. Mulai dari hal yang paling sederhana, kita harus bisa memberi contoh yang baik kepada siswa. Sikap, tingkah laku dan perbuatan kita harus yang baik. Lebih bangga rasanya jika siswa kita bisa bersikap sopan dan berkata yang lembut. Itu akan menjadi kebiasaan yang dibawa dalam kehidupan bermasyarakat. Bukankah sekolah itu mempunyai aturan. Jadi harus berbeda antara anak yang kenal dengan dunia sekolahan dengan anak yang tidak bersekolah. Kita guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan harus bisa memberi teladan yang baik bagi siswa.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline