Lihat ke Halaman Asli

Cooking Show Mahasiswa Tata Boga di Pantai Kutang Kabupaten Lamongan

Diperbarui: 30 Mei 2021   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lamongan, 20 Maret 2021

Cooking show sekaligus pengabdian kepada masyarakat, inilah yang dilakukan kelima mahasiswa tata boga universitas negeri malang. Mereka memilih mengabdi dan melaksanakan cooking show di Pantai Kutang  Kabupaten Lamongan untuk memenuhi tugas mata kuliah karya cipta boga. Karya cipta boga merupakan matakuliah yang wajib ditempuh mahasiswa. Namun karena adanya pandemi susunan kegiatan mata kuliah ini berubah, dan menyajikan hal yang berbeda dari biasanya. 

Yang berbeda yaitu selain mempublikasikan karya mahasiswa, ditahun ini ditambah serangkaian acara lagi yaitu pengabdian kepada masyarakat di wilayah tempat tinggal para mahasiswa. 

Pengabdian dilakukan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pengabdian ini dilakukan secara berkelompok, dan saat pengabdian mahasiswa melakukan cooking show dengan tema pangan fungsional mengangkat bahan pangan lokal.

Bahan pangan lokal yang diambil oleh kelima mahasiswa tersebut yaitu ikan gabus, dan daun kenikir. Mereka mengolah ikan gabus serta daun kenikir menjadi sebuah hidangan yaitu "Bitterballen Ikan Gabus Daun Kenikir With Ginger Sauce". Pemilihan ikan gabus, serta daun kenikir sendiri karena banyaknya kandungan gizi yang ada pada keduanya serta masih jarang warga mengolahnya menjadi makanan yang berbeda dari biasanya.

Dan harapan dari terlaksananya pengabdian masyarakat ini, warga sekitar serta pengunjung pantai kutang dapat memahami arti dari pangan fungsional, serta dapat mengolah bahan lokal menjadi hidangan yang berbeda dan lebih inovatif lagi kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline