Lihat ke Halaman Asli

Auliya VanessaLim

Senang berbagi info seputar pengetahuan

Manfaat Buah Bit, Part I

Diperbarui: 24 Februari 2022   08:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat Buah Bit Part 1

Buah bit merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Amaranthaceae- Chenopodiaceae. Maksudnya, buah bit masih satu keluarga dengan sayur- mayur lobak serta sayur- mayur berakar yang lain. Biasanya, buah ini cuma digunakan akarnya saja yang terasa manis buat obat kesehatan. Tetapi lama kelamaan, daging buah serta daunnya pula disantap. Buah bit awal kali disantap oleh warga di Afrika ribuan tahun yang kemudian.

Pangkal buahnya yang begitu terkenal setelah itu menyebar ke daerah Asia serta Eropa. Kemudian, orang- orang tersebut membudidayakan serta komsumsi di wilayah mereka. Dari abad ke 16 sampai abad ke- 19, buah bit digunakan buat memperoleh sebagian khasiat. Misalnya, juice daging buahnya digunakan selaku perona santapan. Sedangkan isi gula pada buahnya digunakan selaku pemanis kombinasi dalam santapan serta minuman. Terlebih, di dekat abad ke- 19, buah ini mulai digunakan selaku salah satu kombinasi bahan buat mengekstraksi serta memurnikan gula yang dibuat dari tebu. Buah bit ataupun buah bit merah ialah tumbuhan sejenis umbi yang bercorak ungu kemerahan. Wujudnya menyamai kentang dan khasiat buah bit pula ada pada pangkal serta tangkainya.

Umumnya buah bit disantap dengan metode dijus ataupun diolah lagi jadi santapan dengan tekstur lembut. Walaupun daunnya dapat dimasak buat dijadikan sayur, buah bit lebih diketahui umbinya yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan badan. Buah bit memiliki besar karbohidrat tetapi isi lemak, kalori serta proteinnya sangat rendah. Jadi sangat bagus disantap untuk yang lagi menempuh program diet. Isi betasianin( melamin ungu) serta betasantin( melamin kuning) yang ada pada buah bit inilah yang membuat rupanya jadi merah hitam keunguan. Sebab rupanya yang pekat ini, buah bit pula kerap dipakai selaku perona santapan natural. Buah ini kerap ditemui di Amerika serta Inggris, namun bila Kamu mau membelinya dapat diperoleh di pasar swalayan. Ayo, ikuti segudang khasiat buah bit buat badan pada uraian di dasar ini.

Gizi yang tercantum dalam buah bit

Di dalam buah bit bisa ditemui beberapa nutrisi berikut ini: Asam folat, Kaliumen, Serat

, Vit C, Magnesium, Zatbesi, Fosfor, Triptofan, Caumarin, Betasianin

Khasiat buah bit buat kesehatan juice buah bit:

1. Memiliki banyak antioksidan di dalamnya

Antioksidan merupakan senyawa yang menolong menetralkan masuknya radikal leluasa yang beresiko di dalam badan. Antioksidan pula dapat menghindari terbentuknya tekanan pikiran oksidatif serta mengganggu sel- sel baik di dalam badan Kamu.

Tidak hanya itu sebagian riset sudah menciptakan kalau antioksidan bisa melindungi badan terhadap banyak tipe penyakit kronis, semacam penyakit jantung, kanker serta diabet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline