Lihat ke Halaman Asli

Aulikha Fiony

Mahasiswi, UIN Sunan Gunung Djati

Tingkatkan Keterampilan Santri, Basatin Pondok Pesantren Pembangunan Adakan Kunjungan ke Green House Senun Hydrofarm

Diperbarui: 28 Oktober 2022   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Anggota basatin (pengurus perkebunan pondok) Pondok Pesantren Pembangunan adakan kunjungan ke Green House Senun Hydrofarm yang bertempat di Desa Sindang Kempeng, Kecamatan Pancalang pada 09/10/2022.

Pesantren merupakan tempat menuntut ilmu keagamaan yang banyak melahirkan generasi islami untuk terjun ke masyarakat. Tuntutan hari ini mengharuskan seorang santri tidak hanya berbekal ilmu agama akan tetapi santri harus mempunyai skill-skill yang dapat dipraktekkan untuk membantu kehidupan masyarakat. 

Begitupun yang dilakukan oleh santri-santri Pondok Pesantren Pembangunan terkhusus anggota basatin yang dipimpin oleh Ustad Erlangga selaku Pengasuhan santri putra. Beliau berinisiatif mengadakan kunjungan ke Green House Senun Hydrofarm untuk para santri agar mereka bisa mendalami tata cara mengelola tanaman hydroponik  dan dapat mengaplikasikannya di pesantren.

"Alhamdulillah disini kita memperoleh banyak ilmu yang tentunya sangat bermanfaat, untuk diterapkan di pondok maupun kelak di masyarakat mendatang" Ujar Erlangga.

Sistem hydroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah dan dapat dilakukan pada lahan sempit dengan pemeliharaan yang relatif mudah sehingga cocok dilakukan oleh santri yang memiliki waktu terbatas untuk memelihara tanaman. Keunggulan tanaman hydroponik ini diantaranya adalah tanaman lebih bersih, lebih segar dan pertumbuhannya seragam.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline