Lihat ke Halaman Asli

Aulia Syaddad

Mahasiswa

Mahasiswa Undip Membuat Peta Batas Administrasi RW 01 Kelurahan Tembalang

Diperbarui: 14 Februari 2021   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Peta Wilayah Administrasi RW 01 Kelurahan Tembalang

PERJELAS BATAS WILAYAH, MAHASISWA UNDIP MEMBUAT PETA BATAS ADMINISTRASI RW 01 KELURAHAN TEMBALANG

Semarang ( Minggu, 14/2/2021 ) -- Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang diproyeksikan ke dalam bidang datar dengan skala tertentu, serta dilengkapi oleh tulisan dan simbol sebagai keterangan peta Peta berisi batas wilayah maupun letak dari daerah yang dipetakan. Peta dalam lingkup kecil biasanya digunakan untuk menentukan dan menegaskan batas, baik batas wilayah daerah maupun batas antar persil rumah yang ada di daerah tersebut. Batas merupakan tanda pemisah antara satu wilayah dengan wilayah yang lain, baik berupa tanda alamiah maupun buatan.

Penentapan dan penegasan batas wilayah suatu wilayah dirasakan sangatlah penting dan mendesak karena semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan pembangunan yang memerlukan ruang baru bagi kegiatan tersebut. Kebutuhan akan ruang ini akan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hilang atau berubahnya batas wilayah. Penentuan batas wilayah baik desa atau kelurahan tidak hanya menyangkut ruang melainkan lebih dari itu, batas yang jelas akan diketahui wilayah kerja administrasi dan kegiatan pembangunannya, maka diperlukannya pemetaan batas secara benar sesuai aspek yuridis, sebab pada hakekatnya hal tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dari luas suatu wilayah daerah dan batas wilayah suatu desa atau kelurahan merupakan salah satu unsur dasar selain penduduk dan pemerintahannya.

Mengingat di wilayah RW 01 Kelurahan Tembalang belum tersedianya Peta Batas Wilayah Administrasi, maka dibuatnya Peta Batas Wilayah Administrasi RW 01 Kelurahan Tembalang. Hasil yang diperoleh Pada peta tersebut yaitu terdapat informasi mengenai titik lokasi UMKM dan fasilitas umum lalu selain itu juga tedapat informasi mengenai Jalan Utama, Jalan Lokal, Jalan Setapak, Batas RW, Vegetasi,Bangunan,Pemakaman Umum dan Batas RT 01 hingga RT 05. Dengan dibuatnya Peta Batas Wilayah Administrasi RW 01 Kelurahan Tembalang ini harapan nya yaitu dapat membantu para perangkat Pemerintahan Kelurahan Tembalang menyelesaikan permasalahan yang ada di kawasan tersebut, dikarenakan  peta merupakan suatu alat bantu yang utama untuk membantu menjelaskan keadaan suatu wilayah dan mencari informasi geografis.

Hasil Peta Batas Wilayah Administrasi RW 01 Kelurahan Tembalang

Oleh: Aulia Ghifari Syaddad (Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)

Dosen: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.

#KKNTim1Periode2021

#p2kknundip

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline