Lihat ke Halaman Asli

Aulia Syifa

Berusaha menjadi orang yang bermanfaat dan bernilai

Mahasiswa KKN Kelompok 136 Adakan Pelatihan Anyaman

Diperbarui: 15 November 2021   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampar-Sabtu, 13 November 2021 Anggota kelompok 136 KKN RDR Ke-77 UIN Walisongo Semarang adakan pelatihan kerajinan anyaman.

Pelatihan anyaman ini dilaksanakan oleh kepala desa di kantor desa tanjung bungo kecamatan kampa, Kampar, Riau.

Pandemi saat ini sangat melanda perekonomian masyarakat,  banyak masyarakat yang banting setir dan di PHK dari pekerjaannya, dan saat ini hanya berdiam diri dirumahnya, mengingat hal itu, kepala desa tanjung bungo berinisiatif mengadakan pelatihan kerajinan tangan berupa anyaman sebagai pembuka peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar.

"Pelatihan ini diadakan agar masyarakat desa tanjung bungo mampu memanfaatkan waktunya dengan hal yang lebih berkualitas,  hasil dari pelatihan ini saya pikir bisa dijadikan peluang usaha baru".(Ujar Manizar selaku kepala desa)

Pelatihan anyaman ini dilaksanakan selama 2 hari dengan mentor yang diundang dari kota Bangkinang yaitu ibu Hasmidar, ibu Hasmidar memilih bahan berupa lidi sebagai bahan dasar anyaman bagi pemula. Ibu Hasmidar selaku mentor mengungkapkan"Pelatihan anyaman ini kita memakai bahan dasar saja, saya memberikan para pemula bahan yang paling mudah sebagai bahan anyaman yaitu berupa lidi dan tali rafia,  karena jika saya menggunakan bahan bambu atau rotan, mereka akan langsung mengira bahwa kerajinan anyaman sangat sulit sehingga mereka cepat untuk putus asa".

Kegiatan diakhiri dengan penutupan yang disampaikan oleh kepala desa kepada peserta sebagai apresiasi yang luar biasa karena telah mampu mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan dilanjutkan dengan pemberian fasilitasi pemasaran dari hasil anyaman.

Penulis: Mirdatul Umraini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline