Jean Piaget, seorang psikolog perkembangan terkenal, memberikan sumbangsih besar pada dunia pendidikan melalui teorinya tentang perkembangan kognitif anak. Teori Piaget menekankan bahwa anak-anak membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi aktif dengan lingkungan. Mari kita bahas lebih dalam bagaimana teori Piaget dapat diaplikasikan dalam praktik pendidikan sehari-hari.
Pengertian Kognitif dari Para Ahli
Sementara itu, para ahli juga memiliki pendapat masing-masing terkait definisi kognitif. Berikut beberapa di antaranya:
Williams dan Susanto menyebutkan bahwa kognitif adalah suatu cara seseorang bersikap, mengambil tindakan, dan cepat atau lambatnya respons saat menghadapi masalah.
Neisser mengatakan bahwa kognitif merupakan proses memperoleh, mengatur, dan memakai ilmu pengetahuan yang ada.
Gagne yang berpendapat bahwa kognitif berarti proses internal yang terjadi pada pusat saraf manusia saat berpikir.
Drever menyebut kalau kognitif merupakan suatu istilah yang mencakup proses pemahaman, yaitu sudut pandang, penilaian, logika atau penalaran, imajinasi, dan bagaimana mengartikan makna.
Piaget yang mengartikan kognitif sebagai proses adaptasi pada seorang anak dan mengartikan objek maupun semua peristiwa pada kondisi sekitarnya.
"Perkembangan kognitif anak mengacu pada proses mengingat, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Perkembangan ini bisa berbeda-beda pada tiap anak. Psikolog J. Piaget membagi perkembangan kognitif anak pada empat tahap berdasarkan usia anak
Aspek kognitif memiliki hubungan yang sangat erat dengan tingkat inteligensi atau kecerdasan seseorang. Misalnya, saat kamu sedang belajar, mencoba memecahkan masalah, dan menciptakan sebuah ide.
Apa Saja Fungsi Kognitif?