Lihat ke Halaman Asli

Aulia DewiPrasintya

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Dukung Dunia Pendidikan, Telkom Turut Jadi Bagian dalam Program MSIB Kampus Merdeka

Diperbarui: 24 Juli 2023   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program yang dilangsungkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan agar seluruh mahasiswa mendapatkan pengetahuan serta keterampilan baru di dalam dunia pekerjaan. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan hard skills maupun soft skills, serta menyiapkannya untuk memasukki dunia pekerjaan.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi salah satu mitra magang di program MSIB yang turut membuka peluang bagi mahasiswa. Penulis berkesempatan mengikuti magang di Telkom dan mendapatkan posisi di Project Management Intern, tepatnya di Unit Telkom Corporate University Center (Telkom CorpU).

Telkom CorpU merupakan tempat untuk belajar dan berkembang bagi talenta di lingkungan TelkomGroup dan Pentahelix melalui Learning, Research, dan Innovation yang terintegrasi. Dalam kegiatan magang ini, penulis diberikan kepercayaan untuk mempersiapkan produk yang akan dimanfaatkan dalam salah satu program pengembangan talenta dari kalangan pelajar dalam Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)-PK. Adapun produk yang disiapkan yaitu video pembelajaran, learning platform, booklet summary materi, dan lain-lain.

Pada saat kegiatan magang ini, hal yang pertama penulis lakukan adalah mempelajari mengenai posisi Project Management. Penulis mulai untuk mempelajari posisi tersebut dengan mengikuti pelatihan Project Management. Selama Pelatihan tersebut penulis mempelajari banyak hal seperti peran project manager, manajemen proyek, keterampilan yang harus dimiliki oleh project manager, Project Management Foundation, dan project management tools.

Lebih dari itu, penulis juga mempelajari cara bekerja dengan tim. Penulis bersama dengan tim mempelajari banyak hal mulai dari cara pembuatan learning platform, mempelajari mengenai Virtual Reality agar dapat membuat booklet summary materi mengenai Virtual Reality, dan lain-lain. Dengan begitu, individu antar tim menjadi mengenal satu sama lain. Adanya program MSIB dan keterlibatan Telkom sebagai salah satu mitra magangnya memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi penulis untuk menjadi lebih siap ke depannya. Dengan begitu, masa magang ini menjadi pengalaman baru yang memberikan gambaran penulis akan dunia kerja yang sebenarnya. Diharapkan, Telkom terus membuka peluang magang ini melalui Program MSIB.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline