Lihat ke Halaman Asli

Evaluasi Program Bimbingan Konseling di Sekolah

Diperbarui: 15 Desember 2017   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Evaluasi BK merupakan tindakan atau proses penentuan kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan proses bimbingan konseling. Tujuannya ialah untuk menelaah program pelayanan BK di sekolah. Hal yang dievaluasi dalam program diklat yakni peserta didik, program BK, proses BK, hasil program BK. Karena evaluasi ini juga diperuntukkan untuk melihat bagaimana pengruh dari BK terhadap anak didik.

Kriteria penilaiannya yakni mengacu pada terpenuhi atau tidaknya kebutuhan -- kebutuhan dari pihak -- pihak yang terlibat ialah peserta didik, staf sekolah, guru, orang tua dan bantuan dari luar. Kemudian untuk tekniknya sendiri yakni

  • Merumuskan tujuan
  • Mempertimbangkan petugas BK
  • Mempertimbangkan fasilitas teknik
  • Meneliti data -- data tentang siswa
  • Meneliti catatan siswa
  • Mempertimbangkan hal -- hal
  • Membuat pertimbangan pencapaian tujuan

Prosedur yang harus dijalankan dalam evaluasi BK yakni

  • Fase persiapan
  • Fase Persiapan alat
  • Fase Pelaksanaan kegiatan
  • Fase menganalisis hasil BK
  • Fase penafsiran dan pelaporan hasil evaluasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline