Lihat ke Halaman Asli

Review Buku Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial dengan Mengunakan Pendekatan Yuridis, Empiris, dan Normatif

Diperbarui: 12 Oktober 2023   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA: AULIA NADROH FIDA.M

NIM: 222111115

PRODI : Hukum Ekonomi Syariah

Untuk Menyelesaikan tugas sosiologi kelas HES 5i

IDENTITAS BUKU

  • JUDUL BUKU: Agama Agenda Demikrasi dan perubahan sosial
  • PENGARANG :Muhammad Julijanto ,S.Ag, M.Ag
  • PENERBIT : Deepublis, 2015 Grup penerbitan CV budi Utama
  • ISBN: 978-602-280-584-7
  • TEBAL: 264 HAL
  • REVIEWER: Aulia Nadroh Fida.M

Hasil review bagian 2 dengan Sub bab Pendidikan Politik Pemilu Hal 73:

Pada sub bab ini menjelaskan apa sih pendidikan politik itu? Dalam sub bab ini juga menjelaskan tentang paradigma perubahan politik, nah agar kita mengetahui dengan jelas simak review berikut ini:

Pendidikan politik adalah upaya penyadaran akan apa hakikat pemilu, bagaimana rakyat dapat menghayati pemilu itu diselenggarakan, mengapa pemilu diadakan, bagaimana manfaat yang dapat diperoleh oleh rakyat dalam mencapai pemilu yang demokratis. Kesadaran itu tidak hanya tumbuh secara alami tetapi harus melalui proses pembelajaran yang secara intensif.

salah satu unsur yang menentukan dalam pelaksanaan pemilihan umum adalah perubahan orientasi rakyat dalam pendidikan politik rakyat, bagaimana perubahan pendidikan politik rakyat itu berlangsung.

Pemilu diselenggarakan untuk menghindari terjadinya. kekuasaan yang terpusat pada sekelompok orang tanpa mekanisme kosntitusi yang jelas, sehingga ada kompetisi rasional, obyektif dan siap menang dan demikian juga siap kalah menjadi rakyat biasa. Kedewasaan demokrasi inilah yang harus dipahami dan dihayati agar pembangunan system politik bangsa ini semakin kokoh. Bukan sebaliknya dalam setiap permainan dan persaingan politik tidak siap untuk menjadi pemain yang kalah Kalah dalam persaingan bukanlah suatu kehinaan, pemahaman seperti ini perlu, sehingga tidak perlu terjadi tindak kekerasan.

Nah Perubahan paradigma politik, semua tahapan pemilu perlu diwaspadai kemungkinan negatifnya, sehingga dapat dieleminir sedemikian rupa dari meledaknya kekerasan. Sebab pada Pemilu tahun 2004 mengalami perubahan Perubahan Paradigma Politik antara lain;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline