Lihat ke Halaman Asli

HaiaL

Haii semua

Menumbuhkan Minat Baca Anak di Masa Pandemi

Diperbarui: 29 Juli 2021   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pelaksanaan Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang dilaksanakan oleh FKIP PG PAUD Semester 2 Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2021 diikuti oleh 15 anak dan 12 orang (pengurus dan anggota).

Adanya wabah covid-19 yang mengharuskan keberlangsungan pendidikan harus tetap berjalan, walaupun tidak dengan tatap muka. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri karena sistem pendidikan secara online (daring) yang kunci utamanya adalah dengan penggunaan internet dan smartphone. 

Padahal tidak semua wilayah di Indonesia dengan mudah mampu mengakses internet dengan lancar, tidak semua orang tua di Indonesia memiliki smartphone untuk sarana pembelajaran daring anaknya. Pemerataan sarana dan prasarana secara daring juga masih rendah dan adanya kesenjangan sosial. Hal ini peran pendidik/guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyempaikan pembelajaran agar terjangkau oleh anak didik dari semua strata sosial, baik strata sosial atas dan strata sosial bawah.

Dampak Covid-19 juga dirasakan warga desa Kowang RT 7B Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen yang mengeluhkan adanya pembelajaran online yang dilakukan oleh sekolah.

Rumah Pintar sudah banyak berdiri di Indonesia (Marsuki, 2017; Ardiyanti, 2019, sehingga pola yang serupa juga diterapkan di desa Kowang RT 7B Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen ini. Dengan dibuatnya program Rumah Pintar ini diharapkan peserta didik dapat mempersiapkan dan menghadapi perkembangan zaman dan perubahan sosial.

dokpri

Sehingga melalui PKM-PM ini bermaksud mengadakan bimbingan belajar sukarela pada Rumah Pintar desa Kowang RT 7B Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen  sebagai sarana peningkatan kualitas pendidikan di masa covid 19, mengingat banyak anak-anak di wilayah ini  yang kurang mendapatkan pembelajaran di luar sekolah. dengan harapan agar anak-anak mendapatkan pembelajaran di luar sekolah dan para orang tua tidak merasa kesulitan dalam memberikan bimbingan belajar anak dirumah.

Sesuai dengan rencana, pemberian dana Pengabdian Masyarakat terlaksana dengan baik , kesekretariatan dan etika komunikasi organisasi yang sudah berpengalaman dibidangnya masing-masing. Kegiatan ini juga berisi pemberian bantuan kepada pihak Rumah Baca Edukasi dan untuk menjalin silaturahmi antar sesama manusia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline