A. Aliran filsafat diantaranya :
Progresivisme : aliran ini menyatakan bahwa aliran yang benar masa kini belum tentu benarpada masa mendatang. Dalam aliran ini mengajarkan bahwa pendidikan harus berpusat pada anak bukan pada guru.
Tujuan pendidikan menurut aliran iniharus memberikan keterampilan pada muridnya. Aliran ini memiliki 2 sifat, yaitu :
a. Sifat negatif : aliran ini menolak adanya otoritarismedan absolutisme dalam segala bentuk.
b. Sifat positif : sifat ini menaruh kepercayaan terhadap adanya kekuatan ilmiah.
2. Aliran esensialisme : aliran ini didasarkan pada kebudayaan. Aliran ini memandang bahwa pendidikan berpijak pada nilai. Tujuan pendidikan memurut ini yaitu membentuk kepribadian yang bahagia di dunia.
3. Aliran perenialisme : aliran ini mengandung kepercayaan filsafat yang beroegang teguh pada nilai dan norma-norma yang sifatnya pribadi. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali dari keadaan sekarang pada masa lampau.
4. Aliran rekontruksionisme : aliran yang merombak tatanan susunan hidup yang berkebudyaan menjadi corak modern. Aliran ini hampir sama dengan aliran perenialisme. Rekontruksionisme beranggapan bahwa yang menyelamatkan dunia adalah manusia itu sendiri.
5. Aliran eksistensialisme : yaitu interaksi dari sebagian besar reaksi terhadap peradaban manusia.
6. Aliran idealisme : aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang tertinggi adalah ide. Salah sati tokoh aliran ini yang terkenal adalah plato.
B. Tokoh Aliran Filsafat Pendidikan