Lihat ke Halaman Asli

Dijamin Mantul! Bakpia Termurah Khas Branjang, Gunungkidul

Diperbarui: 14 April 2023   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang banyak diminati masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang di daerah Jawa. Tidak sulit untuk menemukan penjual bakpia karena produsen dan reseller yang sudah tersebar di berbagai daerah. Salah satu bakpia yang terkenal di daerah Karangmojo, Gunungkidul tepatnya di kelurahan Branjang adalah Bakpia Leca yang diproduksi oleh ibu Dina (39) dan bapak Mulyadi (38), keduanya merupakan pasutri anak satu yang mulai memproduksi bakpia pada Maret 2020. Alasan produsen bakpia Leca ini memilih untuk menjalankan usaha bakpia adalah karena bapak Mulyadi (38), suami dari ibu Dina (39) memiliki pengalaman dalam membuat bakpia selama masa kerjanya dulu di pabrik bakpia.

Dalam produksinya, bakpia Leca memiliki 4 varian rasa bakpia, yaitu rasa kacang ijo original, kacang ijo mix coklat, kacang ijo mix keju, dan telo ungu. Biasanya Bakpia Leca selalu sedia stok, namun hanya rasa kacang ijo original saja. Untuk rasa yang lain mereka menggunakan by order karena pelanggan lebih sering memesan kacang ijo original ketimbang rasa lainnya. 

Bakpia Leca ini memiliki keunggulan pada harga. Harga nya yang murah dan rasanya yang enak dan renyah membuat pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian ulang. Harga dari bakpia Leca sendiri sebesar Rp. 11.000 untuk isi 16 dan Rp. 12.000 untuk isi 20. Sangat murah bukan ?? namun tidak disarankan untuk menyimpan bakpia ini dalam waktu yang lama loh. Karena bakpia Leca ini hanya mampu bertahan sekitar 4-5 hari. Jadi, usahakan untuk segera menghabiskannya ya.

Bakpia Leca juga memiliki layanan gratis ongkir, jadi untuk kalian yang mau order bakpia khas jogja yang murah meriah dan tanpa ongkir. Kalian bisa mencoba bakpia Leca sebagai oleh-oleh khas Jogja untuk orang tercinta. Bakpia Leca di produksi di rumah dan dijual dari rumah, sangat mudah untuk menemukan lokasi bakpia Leca dengan google map. Bakpia Leca selalu produksi setiap hari dan buka selama 24 jam.

Nah, dibalik rasanya yang enak dan nagih, bakpia Leca memiliki serangkaian proses yang rumit dan panjang dalam pembuatannya loh. Mari kita simak cara membuat bakpia Leca berikut ini. Untuk isian bakpia nya:

Pertama-tama, rendam terlebih dahulu menggunakan air panas kacang ijo yang akan dijadikan isian selama satu jam.

Kedua, setelah selesai direndam, tiriskan dan kupas kulit kacang ijo sampai bersih.

Ketiga, setelah selesai dibersihkan kukus kacang ijo selama satu jam.

Terakhir, giling kacang ijo yang telah dikukus selama tiga jam menggunakan mesin penggiling.

Sedangkan untuk membuat kulit bakpia:

Campurkan tepung, minyak, garam sedikit, gula pasir, dan air secukupnya lalu uleni hingga kalis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline