Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Gelombang Air Laut Sebagai Energi Terbarukan

Diperbarui: 4 September 2024   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seiring dengan adanya peningkatan pertambahan serta pertumbuhan penduduk di Indonesia yang Semakin lama semakin meningkat.Sehingga penggunanan energi listrik akan semakin meningkat. Peningkatan penggunaan listrik menyebabkan listribk memiliki peran penting di lingkugan masyarakat. Energi Alternatif biasa disebut Energi Terbarukan yaitu energi yang berfungsi untuk menggati bahan bakar fosil. Energi Alternatif juga dapat diartikan sebagai energi yang bukan berasal dari minyak bumi adapun cotntoh energi yang bukan berasal dari minyak bumi adalah tenaga air,biomasa,air dan gambut. Masyarakat sudah mulai banyak mengembangkan energi Alternatif salah satunya adalah PLTGL

Pemanfaatan energi gelombang air laut untuk menjadi sumber energi listrik bukan lagi menjadi teknologi baru, Energi alternatif dengan memanfaatkan gelombang air laut ini memiliki banyak peluang besar apabila dapatbdi terapkan di negara maritim seperti Negara Indonesia. Sebagai salah satu negara maritim yang memiliki panjang garis terluar pantai mencapai angka disekitar 95,181. Kondisi tersebut membuat Indonesia memiliki potensi yang besar dalam penciptaan sumber energi terbarukan yang berasal dari pemanfaatan gelombang air laut.

Pada umumnya PLTGL adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan oleh gelombang air laut. Pada unumnya PLTGL beroprasi dengan cara memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan oleh gelombang air laut untuk dijadikan alat penggerak turbin dari situlah energi listrik bisa dihasilkan.

Adapun detik ombak dapat diubah menjadi energi listrik dengan melalui perangakat penogoversi. Selain itu energi panas laut dan energibarus laut juga bisa dimanfaatkan dari adanya perbedaan tingkat suhu dari permukaan dan kedalamanlaut itu juga merupakan potensi sumber energi laut yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan lagi. Beberapa metode dapat digunakan antara lain,Energi Ombak Energi Pasang Surut, dan Hasil Konferesni energi panas laut.

Oleh sebab itu pemanfaatan mekanisme pemanfaat gelombang air laut dapat membuka peluang yang besar di Indonesia sebagai salah satu negara maritim. Dari pernyataan di atas tujuan dari penulisan esay ini adalah untuk menganalisis potensi PLTGL sebagai energi alternatif terbarukan di Indonesia. Prinsip dasar dari pemanfaatakan gerakan gelombang air laut untuk pembangkit listrik mentransformasikan gerakan ombak menjadi energi mekanik sehingga energi ini bis dikonversikan menjadi energi listrik dengan ini salah satu energi terbarukan dapat dimanfaatkan dari sumber daya alam lautan.

Kolom Osilasi air (Oscillating Water Column) adalah metode potensial menghasilkan energi ombak ini melibatkan penggunaan kolom air tertutup atau pipa vertikal di laut yang memungkinkan air naik dan turun karena gelom bang laut. pergerakan air tersebut dapat digunakan untuk menggerakan turbin atau generator,vertikal yang disebabkan oleh ombak laut sebagai sumber energi terbarukan. Renewable Energy Holdings : Renewable Energy Holdings merujuk pada perusahaan ata mengurangi entinitas berfokus pada investasi, oengembagan, atau opeasi pada perusahaan atau entitas yang berfokus pada investasi,pengembangan,atau operasi dalam bidang energi terbarukan lainnya. Mereka berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan beralih ke solusi yang lebih berkelanjutan secara lingkungan.

Oleh sebab itu pemanfaatan mekanisme pemanfaat gelombang air laut dapat membuka peluang yang besar di Indonesia sebagai salah satu negara maritim. Dari pernyataan di atas tujuan dari penulisan esay ini adalah untuk menganalisis potensi PLTGL sebagai energi alternatif terbarukan di Indonesia

Kesimpulan

Kebutuhan akan sebuah energi di tanah Indonesia terus mengalami peningkatan dengan seiring peningkatan pertumbuhan ekonomi dan dengan

bertambahnya jumlah penduduk di dunia. Tingginya pertumbuhan peminatan energi dari beberapa wilayah menuntut kita untuk cerdas menggunakan sumber daya alam dan memanfaatkan segala bentuk energi -- energi yang dapat menghasilkan sebuah kelebihan untuk kita nantinya. Seperti angka sudah saya jelaskan diatas adalah energi baru terbarukan yang mungkin cukup efektif untuk diapresiasi di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sumber daya alamnya agar masyarakat sendiri mampu menciptakan sumber sumber yang mampu menghasilkan energi energi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar agar bertumbuhnya perekonomian yang ada di indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline