Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UHAMKA Melaksanakan PLP 2 di SMAN 107 Jakarta

Diperbarui: 11 Desember 2022   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidiakan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) mengadakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2 untuk para mahasiswa semester 7 sebagai syarat pemenuhan SKS. PLP merupakan suatu kegiatan observasi di lingkungan sekolah mulai dari jenjang PAUD hingga jenjang Sekolah Menengah Atas / Kejuruan.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 2 ini di laksanakan di saat pandemik dengan memenuhi protokol kesehatan yang ketat, dimulai pada tanggal 10 Oktober -- 12 Desember 2022. Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 2 merupakan tahapan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 7 untuk memahami terkait proses mengajar dalam lingkungan sekolah yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Para mahasiwa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) yang berasal dari Program Studi Pendidikan Ekonomi. Kelompok PLP 2 ini yang beranggotakan 6 Orang telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2). SMAN 107 Jakarta, menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan lokasi di  Jl. Swadaya, RT.8/RW.7, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930. Adapun Ibu Agustini, S.Pd, Guru Ekonomi selaku Guru Pamong kami Juga, Ibu Deswarni, M.Pd, yang Alumni dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) yang sudah mengajar di sekolah tersebut, hal tersebut menunjukan keunggulan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) dalam menciptakan Alumni yang unggul.

Kegiatan PLP 2 ini memberikan banyak sekali manfaat untuk kami seperti membuat perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus materi, pembuatan soal, kartu soal, dan rincian pelaksanaan pembelajaran serta mengetahui cara guru-guru dalam mengajar di setiap kelas. Selain pembuatan perangkat pembelajaran, kami para mahasiswa juga belajar menjadi guru piket dimana kegiatan itu sebagai salah satu bagian sebelum kita mulai mengajar dikelas karena guru piket merupakan tempat informasi bagi siswa serta guru lainya untuk mengkoordinasikan jadwal serta kegiatan belajar mengajar pada hari itu.

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

whatsapp-image-2022-12-11-at-21-36-33-6395ec17eb51ce760e187ac2.jpeg

Kegiatan Pelaksanaan Lapangan Persekolahan (PLP 2) di SMAN 107 Jakarta

Kami selaku mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman baru yang tentunya sangat berharga. Kami disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Siswa-siswi SMAN 107 Jakarta sangat ramah dan menyambut baik kami. Siswa-siswi yang kami ajar mengatakan bahwa mereka sangat senang atas kehadiran kami, itulah yang membuat mereka aktif di kelas selama proses pembelajaran. Terimakasih untuk kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4. Selain melakukan pembelajaran di kelas, kami juga ikut dilibatkan dalam berbagai kegiatan di sekolah, seperti upacara setiap senin, pembiasaan pagi seperti membaca Al-Quran bersama, literasi, senam, dll.

qawadds-6395edf3eb51ce45997eeea2.jpg

wefsc-6395ee094addee23e875ec42.jpg

dsgrfr-6395ee1b4addee2d3c370192.jpg

Pembiasaan Pagi di SMAN 107 Jakarta

Setelah kurang lebih 2 bulan kami melaksanakan kegiatan PLP 2 di SMAN 107, kami pun akhirnya berpamitan kepada seluruh warga sekolah terutama kepada kepala sekolah, dewan guru dan seluruh siswa-siswi terutama siswa-siswi di kelas yang kami ampu. Kami juga tidak lupa untuk berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada wakasek bidang kurikulum yang selalu membantu kami serta guru pamong kami yang telah membimbing kami. Kami juga berpamitan seraya mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswi yang selama kami mengajar sudah seperti teman bagi kami. Harapan kami semoga kegiatan PLP 2 yang kami laksanakan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan pembelajaran di SMAN 107 Jakarta umumnya dan kami sebagai mahasiswa khususnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline