Lihat ke Halaman Asli

Aulia Ulva

Mahasiswa

Mengulas Novel Game Over, Novel Penuh Lika-Liku yang Menguras Emosi

Diperbarui: 1 Mei 2021   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebuah Novel karya Valerie Patkar ini memiliki tebal 288 halaman. Novel ini merupakan karya ketiga dari Valerie Patkar, setelah kedua bukunya yang berjudul Claires dan  Nonversation terbit. Sebelum dikirimkan pada penerbit lalu hadirlah bentuk cetak dari buku ini, Valerie terlebih dahulu menerbitkan karyanya pada platform novel online, bernama Wattpad. Kemudian diterbitkan oleh Bhuana Sastra pada tahun 2020.

Bercerita tentang dua anak manusia yang memiliki kepribadian saling memunggungi, hero utama buku ini adalah Glendy Adijunior yang berkepribadian sederhana dengan hidup tidak terstruktur, lalu ada Jeara Nindya Sjah yang memiliki visi, hidupnya sesuai rencana, mandiri dan banyak hal baik melekat pada sosok Jeara atau yang Glendy panggil Jeli.

Novel ini bisa dikatakan sangat relate dengan kehidupan milenial mengenai kehidupan yang tidak selalu berjalan sesuai keinginan kita. Dari Glendy kita belajar untuk selalu sederhana. Poin yang ingin kami sorot dari novel ini adalah yang pertama tentu saja kisah cinta Glendy dan Jeara yang memiliki pasang surut walaupun lebih banyak surutnya menjelang halaman halaman akhir buku. Berawal dari perbedaan karakter keduanya, berlanjut pada tragedi yang menimpa hidup Glendy membuat keduanya memutuskan untuk berakhir ditengah jalan walaupun masih banyak rasa yang tersisa diantara keduanya.

Lalu kalau membahas beberapa karakter pelengkap dalam buku ini, tentu saja sahabat-sahabat Glendy merupakan karakter-karakter yang tidak bisa dilupakan. Persahabatan mereka merupakan persahabatan ideal yang mungkin diinginkan seluruh umat manusia. Salah satu yang kami sepakati sebagai bagian kesukaan adalah saat Glendy sedang kerja paruh waktu di tempat servis komputer, teman-temannya akan membawakan entah komputer atau laptop milik mereka yang tidak rusak sama sekali hanya sekadar untuk diperiksa Glendy dan dengan begitu Glendy akan mencapai target perharinya lebih cepat.

Sama seperti dua novel sebelumnya, gaya tulis Valerie Patkar sangat khas, pembawaan tulisannya yang ringan namun puitis seperti memberi rasa nyaman bagi para pembacanya. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya novel ini tidak melulu tentang percintaan antara Glendy dan Jeara, tapi juga memuat kisah keluarga serta kehidupan, sehingga kisah novel ini terasa sangat dekat dengan pembaca, seolah-olah kami sedang bercermin pada karakter-karakter yang ada pada novel ini.

Sama seperti buku buku lainnya, buku inipun memiliki kelemahannya, mulai dari typo pada penulisan buku, lalu adapun plot hole, atau kesalahan alur cerita sehingga menghilangkan kelogisan dan integritas plot, dan juga kisahnya yang klise walaupun pembawaannya jelas dikemas dengan sedemikian berbeda.

Penyusun : Niken Salsabila, Aulia Ulva, Sri Wanci, Andi Imamul Akhyar dan Muh Ivan Fadila Idris.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline