Lihat ke Halaman Asli

Aulia AyuWardani

Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG

Membangun Indonesia Maju dengan Pemerintahan yang Baik dan Bersih

Diperbarui: 8 September 2024   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 milik pribadi

Ditengah adanya era globalisasi negara Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan dan kesenjangan komunikasi di dunia pemerintahan sosial maupun politik antara pemerintahan dan rakyatnya. Situasi serta kondisi demikian menuntut adanya kepemimpinan nasional di masa yang akan datang yang diharapkan bisa bertanggung jawab dan dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh negara.

Pemerintahan yang adil, jujur, berwibawa dan dapat bertanggung jawab merupakan sebuah sarana untuk melindungi, mengayomi, dan memberikan pelayanankepada rakyatnya agar tercipta pemerintahan yang baik dan bersih melalui sebuah hukum dan Undang-Undang yang dijadikan sebagai sebuah pengatur yang akan memberikan jaminan keadilan. Tata pemerintahan yang baik dan bersih adalah seluruh aspek yang terkait dengan kontrol dan pengawasan terhadap kekuasaan yang dimiliki pemerintah dalam melaksankan tugas dan fungsinya melalui institusi formal dan informal.

Berbagai tantangan yang dihadapkan dalam negara ini seperti KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) yang membuat dunia pemerintahan seakan melupakan sebuah tanggung jawabnya. Menyebabkan sebuah ancaman bagi negara Indonesia yang akan memperlambat pertumbuhan ekonomi dan tidak tercapainya tujuan nasional serta dapat merugikan rakyat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak pejabat pemerintah yang lepas dari tanggung jawabnya, tidak transparan terhadap sebuah keputusan, tidak adil dalam membuat sebuah kebijakan serta masih banyak perilaku kebobrokan dalam dunia pemerintah lainnya yang dilakukan oleh oknum-oknum yang seharusnya sudah diberhentikan .

Dalam hal ini kita sebagai masyarakat biasa, Mahasiswa, dan seorang terpelajar yang akan menjadi generasi atau penerus bangsa selanjutnya harus bisa memusnahkan terhadap penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan oleh pejabat untuk mendapat keadilan serta mampu menciptakan perubahan kondisi lingkungan kearah yang lebih baik yang mampu berdapampak positif di dalam kehidupan masyarakat.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 negara Indonesia adalah negara hukum, dengan pemerintah yang harus bertugas menjaga sebuah keamanan, ketertiban, serta kenyamanan dengan cara mensejahterakan rakyatnya. Hukum sendiri sangat penting dalam menjalalankan dunia pemerintahan yang baik karena hukum menjadi alat untuk melakukan penegakan pemerintahan yang baik serta bersih.

Pemerintah sendiri juga harus melakukan perubahan untuk menciptakan sebuah pemerintahan yang baik dan bersih demi membangun negara Indonesia dan mencapai tujuan nasional. Melalui kebijakan-kebijakan untuk menyelenggarakan pemerintah yang baik untuk kepentingan umum. Berbagai cara dapat dilakukan seperti transparansi atau keterbukaan informasi yang bisa diakses untuk masyarakat atau publik, partisipasi masyarakat dalam pengambilan sebuah keputusan bersama, responsibilitas yakni pemerintah harus mematuhi peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tanggung jawabnya agar berjalan dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline