Lihat ke Halaman Asli

Bobroknya Pendidikan Tanpa Karakter

Diperbarui: 20 Mei 2017   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jumlah kasus korupsi di Indonesia terus meningkat. Kasus korupsi yang telah diputus oleh Mahkamah Agung (MA) dari 2014-2015 sebanyak 803 kasus. Jumlah ini meningkat jauh dibanding tahun sebelumnya. Hasil penelitian Laboratorium Ilmu Ekonomi, Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, mengungkap 803 kasus itu menjerat 967 terdakwa korupsi.

Data lain menurut Litbang Kompas 158 kepala daerah tersangkut korupsi sepanjang 2004-2011, 42 anggota DPR terseret korupsi pada kurun waktu 2008-2011, 30 anggota DPR periode 1999-2004 terlibat kasus suap pemilihan DGS BI, Kasus korupsi terjadi diberbagai lembaga seperti KPU, KY, KPPU, Ditjen pajak, BI, dan BKPM. Kejahatan yang merugikan negara tersebut, anehnya dilakukan “oknum” orang yang berpendidikan tinggi.

Dewasa ini, kondisi system pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Hal ini terbukti dari adanya beberapa hasil studi international tentang kemampuan peserta didik Indonesia dalam kancah internasional. Berdasarkan hasil survey“Trends in International Math and Science” tahun 2007, yang dilakukan oleh Global Institute, menunjukkan hanya 5% peserta didik Indonesia yang mampu mengerjakan soal penalaran berkategori tinggi, padahal peserta didik Korea dapat mencapai 71%. Sebaliknya, 78% peserta didik Indonesia dapat mengerjakan soal hapalan berkategori rendah, sementara siswa Korea hanya 10%.

Pendidikan karakter

Dengan ilmu pengetahuan modern, binatang buas akan menjadi lebih buas, dan manusia keji akan semakin keji. Tapi jangan dilupakan, dengan ilmu pengetahuan modern binatang-binatang yang sebuas-buasnya juga bisa ditundukkan. (Pramoedya: 2006).

Jika anda bertanya apa manfaat pendidikan, maka jawabannya sederhana: pendidikan membuat orang menjadi lebih baik dan orang baik tentu berperilaku mulia. (Fatchul Mu’in: 2016).

Pendidikan karakter diartikan sebagai sebuah bantuan sosial agar individu itu dapat bertumbuh dan menghayati kebebasannya dalam hidup bersama dengan orang lain. Pendidikan karakter, bertujuan membentuk setiap pribadi menjadi insan yang berkeutamaan. (Doni Koesoema: 2007).

Pendidikan karakter di sekolah secara sederhana bisa didefinisikan sebagai, “pemahaman, perawatan, dan pelaksanaan keutamaan (Practice of virtue). Oleh karena itu, pendidikan karakter di sekolah mengacu pada proses penanaman nilai berupa pemahaman-pemahaman, tata cara merawat dan menghidupkan nilai-nilai itu, serta bagaimana seorang siswa memiliki kesempatan untuk dapat melatihkan nilai-nilai tersebut secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Kompas.com Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Seto Mulyadi mengatakan, “Salah satu penyebab terjadinya kriminalitas yang menyeret pelaku anak usia dini dan remaja adalah kekacauan system pendidikan di Indonesia. System pendidikan kita sudah salah. Dari TK (taman kanak-kanak) sampai SD (sekolah dasar) anak-anak disuruh menghafal dan banyak PR (pekerjaan rumah). Memang cerdas mereka. Namun jika cerdas, sedangakn ajaran moral dan etikanya minim, yang terjadi seperti kekerasan anak SD. Contoh kasus Renggo, tawuran, dan kekerasan seksual,” ujar pria yang akrab disapa kak Seto ini kepada Kompas.com, Senin (12/5/2014).

Kalau kita melihat kondisi generasi bangsa kita saat ini, sangat miris sekali. Krisis moral yang ada di kalangan pemuda dan pemudi bangsa sudah merajalela. Hal ini bisa kita lihat di berbagai media cetak maupun media elektronik yang menampilkan moral dan karakter siswa-siswi kita yang sangat bobrok. Di stasiun Televisi, ditayangkan tindakan tawuran oleh peserta didik kita, terlibat aksi asusila yang baru-baru ini banyak ditayangkan di stasiun TV, tindakan kriminal, dan masih banyak lagi aksi brutal lainnya. Mereka tidak memperlihatkan hasil pendidikan yang mereka peroleh di sekolah.

Melihat kondisi demikian, tentu kita sangat mendukung sekali adanya upaya untuk mengembangkan pendidikan berkarakter di sekolah-sekolah. Penulis berharap dengan pendidikan karakter anak didik yang belum mempunyai etika akan menjadi lebih baik lagi dan anak didik yang sudah beretika diharapakan mampu memberi contoh, inspirasi, motivasi kepada anak didik yang lain, sehingga tercipta kembali generasi yang bermoral dan bertanggung jawab serta mampu menunjukkan jati dirinya sebagai manusia yang berbudaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline