Lihat ke Halaman Asli

Aufa Zaki

Universitas Diponegoro

"Tuai Pujian" Mahasiswa UNDIP Berhasil Merancang Desain dan RAB untuk Pelebaran Kantor Balai Desa

Diperbarui: 10 Februari 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pekalongan (01/02/2023), Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP membantu Perangkat Desa Batursari dalam merencanakan Pelebaran Kantor Balai Desa Batursari. Pelebaran kantor balai desa diperlukan untuk menunjang aktivitas seluruh perangkat desa. Kantor yang ada saat ini tidak cukup luas untuk menampung seluruh perangkat desa beserta dokumen dokumen desa yang ada. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas di kantor. Rasa tidak nyaman tersebut dapat menurunkan produktivitas dalam bekerja. Oleh sebab itu, kantor balai desa akan dilakukan pelebaran dan akan dilaksanakan pembangunannya pada tahun ini.

Perencanaan pelebaran kantor balai desa dibantu oleh mahasiswa dari KKN Tim 1 UNDIP. Perencanaan dimulai dari pembuatan desain kemudian disusun RAB untuk mengetahui besarnya dana yang diperlukan. Rencana pelebaran kantor memiliki luas sekitar 8 x 4 m. Pembuatan desain Desain rencana TPS dibuat menggunakan sebuah aplikasi komputer bernama AutoCAD. Setelah pembuatan desain selesai kemudian dilakukan penyusunan RAB. Harga material untuk pelebaran kantor didapat dengan menggunakan dokumen referensi dari perangkat desa. Dana yang digunakan untuk pelebaran kantor berasal dari dana desa.

Desain dan RAB dari pelebaran kantor balai kemudian didiskusikan dengan Pak Carik selaku perwakilan dari perangkat desa. Setelah disetujui, desain dan RAB diserahkan ke perangkat desa untuk dibuat sebagai arsip desa. Arsip ini diharapkan mampu menjadi acuan atau referensi bagi perangkat desa dalam melakukan pelebaran kantor balai desa.

Penulis : Aufa Zaki Faizal, Jurusan Teknik Sipil
KKN TIM I UNDIP 2022/2023
DPL : 1. Heri Sugito, S.Si., M.Sc.
           2. Nenik Woyanti, S.E., M.Si.
           3. M. Iqbal Fauzan, S.P., M.Si.
#KKNUndipTim1 #p2kknUndip #LPPMUndip #Undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline