Lihat ke Halaman Asli

Aufaa Muhammad Irsyaad

Mahasiswa IAIN Jember

Keutamaan Guru dalam Perspektif Penulis

Diperbarui: 30 Maret 2020   11:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillah,

Penulis akan memberikan sedikit apa yang penulis ketahui tentang keutamaan Guru.

Sebelum membahas beberapa keutamaan Guru, maka kita ketahui bagaimana definisi Guru.

Guru dalam kamus besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.

Secara spesifik, istilah Guru didefinisikan sebagai seorang pengajar dan pendidik profesional di suatu lembaga pendidikan formal dengan kualifikasi tertentu. 

Secara lebih luas, siapa saja yang memberikan pengetahuan dan mengajarkan suatu ilmu ia disebut sebagai Guru, baik di dalam lembaga pendidikan formal maupun diluar.

Dari pengertian diatas maka dapat kita ketahui bahwa Guru adalah siapa saja yang mengajarkan kita tentang ilmu dan pengetahuan baik di lingkungan lembaga pendidikan formal maupun informal, dan yang selalu memberikan nasehat kepada kita untuk selalu berbuat baik dimanapun kita berada. Sehingga kita wajib menghormati beliau karena beliaulah yang telah mengajari kita tentang dasar-dasar hidup di dunia.

Keutamaan Guru:

1. Dalam Alquran banyak sekali ayat-ayat yang membahas tentang Dasar menjadi seorang Guru, seperti dalam QS. Ali Imran ayat ke 104. yang artinya:

"Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang munkar dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline