Lihat ke Halaman Asli

Curug Biru dan Menawan Yaitu Curug Kembang Soka

Diperbarui: 24 Juni 2022   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

curug kembang soka

Tidak kalah dengan objek rekreasi populer di Yogyakarta, Kulon Progo mempunyai suatu subjek rekreasi tidak biasa yang penuh dengan keistimewaan. Subjek rekreasi itu merupakan Air Terjun Kembang Soka. Air Terjun Kembang Soka ialah subjek rekreasi berbentuk air terjun yang bening, serta bercorak kebiruan.

Curug Kembang Soka ialah subjek rekreasi berbentuk air terjun unik yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Julukan Kembang Soka yang dipakai pada air terjun ialah didapat dari kondisi sekelilingnya. Air terjun yang cuma mempunyai satu pangkal mata air saja, pada dekat air terjun itu dikelilingi banyak sekali bunga soka. Sangat banyaknya bunga soka yang terletak disitu sampai membuat bentuk air terjun sedemikian itu menawan sekali. Dari situlah julukan Air Terjun Kembang Soka didapat. Rasanya air yang pergi nampak lebih fresh sebab terdapatnya bunga itu.

kolam yg berwarna 

Air Terjun ini mempunyai air yang amat bening nan bercorak kebiruan, yang berawal dari Bengawan Mudal serta Bengawan Miri. Air dari kedua bengawan ini setelah itu ditampung dalam sebagian kolam, yang dipakai pengunjung buat berenang.

Jadi suatu hidden gem di Perbukitan Menoreh, pemandangan alam dekat subjek rekreasi ini juga sedang asri terpelihara, sebab jauh dari berisik pikuk kota. Subjek rekreasi ini tergolong masih baru, tetapi telah banyak didatangi pengunjung sebab pemandangan alamnya masih terpelihara.

kolam kembang soka

Wisata Kembang Soka Kulon Progo pula kerap disebut sebagai Air Terjun 2 Warna. Perihal ini disebabkan warna airnya amat bening, tetapi mengucurkan efek warna tosca yang amat menawan. Warna tosca ini bersumber dari tumbuhan- tumbuhan yang terletak di bawah air terjun.
Untuk dapat capai ke air terjun ini, pengunjung wajib melaksanakan trekking sepanjang 200 m. Istimewanya, siapapun dapat menaklukkan area trekking mengarah Kembang Soka, sebab akses jalannya yang gampang buat dilewati. Tidak hanya itu, kesan natural dari air terjun ini sedemikian itu pekat terasa, sebab situasi alam dekat subjek rekreasi ini masih amat asri. Begitu memasuki tempat rekreasi ini, kalian bakal langsung disambut oleh suara gemericik air yang bisa memanjakan kuping.
Sarana Wisata Kembang Soka Kulon Progo

Buat mendukung kenyamanan pengunjung, pasti saja objek rekreasi ini mempunyai sarana umum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Sebagian sarana umum itu antara lain: zona parkir mencukupi, mushola, kakus, serta gerai makan. Ada pula sarana lain untuk kalian yang senang berenang, air turun ini mempunyai kolam dengan air bening nan bercorak kehijauan. Dengan terdapatnya fasilitas- fasilitas ini, diharapkan pengunjung senantiasa bisa berliburan dengan aman serta mengasyikkan.

Karcis masuk Air Terjun Kembang Soka cuma dihargai sebesar Rp 6. 000 saja. Dana yang terkumpul kelaknya dipakai buat meningkatkan area yang diatur dengan cara swadaya oleh warga dekat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline