Lihat ke Halaman Asli

Audy Jo

Dreamer

Membakar Sampah

Diperbarui: 27 Juni 2023   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Canva By Audy Jo

"Tutup jendelanya! Gimana sih sudah malam, bakar sampah saja!" 

Anak-anak sudah tahu, kalau ada tetangga yang bakar sampah tidak sesuai waktu, saya suka ngomel. 

Pilihan Waktu Membakar Sampah

Masih beruntung juga, nah ada positifnya. Di jalan ini, tetangga hanya ada 3 rumah, jadi sama rumah saya jadi berempat. Kiri dan kanan rumah  jarang ada penghuninya. Kecuali rumah paling bawah,yang masih kenalan keluarga saya, penuh dengan penghuninya. Saya rasa rumah dijadikan tempat kost beberapa kepala rumah tangga. 

Dampak sesuai waktu bakar:

1. Kalau bakar sampah siang hari buat saya enggak masalah, karena udara memang sudah berpolusi. Maksudnya, bukan waktunya tidur, karena banyak kegiatan di luar rumah yang dilakukan, seperti pergi ke sekolah atau ke kantor.

2. Kalau pagi hari apalagi subuh, udara masih saya bilang bersih. dan malam hari waktunya untuk tidur rasanya perlu udara yang bersih untuk menemani tidur.

Hanya Daun Kering

Di rumah untuk bakar membakar sampah, juga dilakukan. biasanya sampah kering seperti rumput, daun kering dari pepohonan yang jatuh di jalanan umum depan rumah. Biasanya dibakar kalau sudah kering, jadi cepat menjadi bubuk.

Mau buang ke tempat sampah, enggak bisa kecuali bayar lebih untuk mengangkut kotoran sampah daun dan ranting. Jalan satu-satunya dibakar saja.

Sebetulnya pengin juga sih membakar sampah, kadang tukang sampah enggak ketahuan angkut sampahnya. Sampah yang sudah dirapihkan, kadang berantakkan sebelum diangkut. Jijik!

Kepenginnya membantu pemerintah gitu, biar enggak menumpuk sampahnya di tempat pembuangan sampah, TPS.

Peraturan Untukku dan Kamu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline