Lihat ke Halaman Asli

Audra Elvira

Mahasiswa

Implementasi Teori Manajemen G. Terry (POAC) dalam Media Kompas.com

Diperbarui: 29 Januari 2024   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Wikipedia Kompas.com

Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online. 

Mulanya, Kompas Online atau KOL yang diakses dengan alamat kompas.co.id hanya menampilkan replika dari berita-berita harian Kompas yang terbit hari itu. 

Tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca harian Kompas di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh jaringan distribusi Kompas. Dengan hadirnya Kompas Online, para pembaca harian Kompas terutama di Indonesia bagian timur dan di luar negeri dapat menikmati harian Kompas hari itu juga, tidak perlu menunggu beberapa hari seperti biasanya.

Selanjutnya, demi memberikan layanan yang maksimal, di awal tahun 1996 alamat Kompas Online berubah menjadi www.kompas.com. Dengan alamat baru, Kompas Online menjadi semakin populer buat para pembaca setia harian Kompas di luar negeri.

Melihat potensi dunia digital yang besar, Kompas Online kemudian dikembangkan menjadi sebuah unit bisnis tersendiri di bawah bendera PT Kompas Cyber Media (KCM) pada 6 Agustus 1998. Sejak saat itu, Kompas Online lebih dikenal dengan sebutan KCM. Di era ini, para pengunjung KCM tidak lagi hanya mendapatkan replika harian Kompas, tapi juga mendapatkan update perkembangan berita-berita terbaru yang terjadi sepanjang hari.

Pengunjung KCM meningkat pesat seiring dengan tumbuhnya pengguna Internet di Indonesia. Mengakses informasi dari Internet kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita sehari-hari. Dunia digital pun terus berubah dari waktu ke waktu. KCM pun berbenah diri. 

Pada 29 Mei 2008, portal berita ini me-rebranding dirinya menjadi Kompas.com, merujuk kembali pada brand Kompas yang selama ini dikenal selalu menghadirkan jurnalisme yang memberi makna. Kanal-kanal berita ditambah. Produktivitas sajian berita ditingkatkan demi memberikan sajian informasi yang update dan aktual kepada para pembaca. Rebranding Kompas.com ingin menegaskan bahwa portal berita ini ingin hadir di tengah pembaca sebagai acuan bagi jurnalisme yang baik di tengah derasnya aliran informasi yang tak jelas kebenarannya.

Implementasi POAC (Planning,Organizing,Actuating,Controlling) menurut G.Terry pada redaksional Kompas.com yaitu :

1. Planning (Perencanaan)

Kompas.com melakukan perencanaan setiap hari untuk menentukan arah menentukan arah gerak pada hari berikutnya, serta menentukan perencanaan berita yang akan diliput untuk hari berikutnya. Kompas.com juga mengadakan rapat Redaksi setiap bulannya untuk memberikan arahan dan rencana di bulan berikutnya serta persiapan-persiapan apa saja yang ingin dilakukan.

Selain itu, mengadakan rapat redaksional harian setiap hari melalui grup WhatsApp juga untuk berdiskusi dan menentukan berita harian apa yang akan di liput dan memberikan pengarahan kepada wartawan. Arahan ini berguna bagi wartawan untuk melakukan liputan harian secara baik bagi mereka yang sedang bertugas di dalam kota maupun diluar kota. Dalam hal ini, Redaktur pelaksana bertugas memimpin rapat redaksional baik periodik, bulanan atau harian. Berita-berita yang diliput di luar lapangan juga menjadi pembeda dan berita terlihat tidak monoton.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline