Lihat ke Halaman Asli

Panduan Optimalkan Audio Mobil System

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419576139821110583

Cara mudah untuk mengoptimalkan kualitas system stereo audio mobil untuk kendaraan anda, adalah mengganti system perangkat standart. Karena semua sumber suara yang anda dengar berasal dari perangkat head unit itu. Sound system udio standart standart tentu kurang maksimal untuk anda yang serius mendengarkan sound quality, karena fitur dan kelengkapan seperti equalizer dan kontrol audio pengatur equalizer dan ekternal output audio tidak ada. Jika anda ingin menambahkan amplifier pilih head unit yang ada pre out audio untuk nanti. Head unit aftermarket kini dengan mudah dapat anda beli disarankn pilih head unit yang sudah cukup dikenal mereknya seperti merek pioneer contohnya head unit ini memiliki kontrol audio yang lengkap untuk menghadirkan kualitas suara stereo system yang lebih baik Pioneer memiliki fitur kontrol audio yang dapat anda atur untuk mendapatkan staging audio mobil system lebih maksimal.

Mengganti Speaker mobil standart

Speaker standart sebaiknya anda ganti dengan produk aftermarket, dikarenakan pabrikan membuat speaker tersebut bukan untuk sound quality, hanya sebagai pelengkap kendaraan. Jika anda buka speaker tersebut kita akan melihat bahwa speaker standart memiki daya yang sangat kecil serta tidak memiliki crossover pasif dan tweeter hanya sebatas midwoofer dengan ukuran magnet relatif kecil. Sebelum anda membeli speaker tersebut perhatikan terlebih dahulu spesifikasi frekuensi dan sensitivitas. Ukuran speaker tersebut sebaiknya harus disesuaikan dengan lubang pintu mobil anda, supaya dapat dipasang dengan baik pada tempatnya,untuk daya harus disesuaiakan dengan amplifier jika nanti berencana menambahkan amplifier ekternal.

Menambahkan subwoofer

Jika sound system audio mobil anda kurang performa terutama pada suara rendah anda bisa membeli sebuah suboofer untuk mobil. Subwoofer adalah perangkat system terbaik untuk menghadirkan suara bass untuk system audio anda. Ada beberapa pilihan subwoofer dipasaran jika anda ingin menambah suara bass namun praktis dalam penempatan subwoofer aktif dapat anda pilih subwoofer slim ini tidak membutuhkan ruang yang luas dalam penempatan cukup diletakan dibawah kursi kendaraan.

Subwoofr aktif sudah terintegrasi dengan amplifier, namun suara bass tidak dapat digeber namun setidaknya cukup baik untuk nada rendah yang namun interior mobil bukan masalah dalam penempatan subwoofer komponen adalah solusinya subwoofer jenis ini membutuhkan amplifier untuk bekerja maksimal untuk diameter sub yang paling banyak digunakan adalah 10 sampai 12" suara bass subwoofer jenis ini cukup baik dibandingkan subwoofer aktif namun subwoofer jenis ini membutuhkan box yang cukup besar sehingga dapat menyita ruang interior mobil anda. Untuk anda yang ingin subwoofer amplifier dapat memilih bass tube didesign khusus dari pabrikan pembuatnya, yang membedakan adalah sudah terintegrasi dengan amplifier. Sehingga anda tidak perlu untuk membeli amplifier terpisah namun kelemahanya bass tube Subwoofer kurang tenaga jika dibandingkan subwoofer komponen. Namun semua tergantung keputusan anda dalam memilih subwoofer yang tepat untuk audio mobil anda.

14195761841518827638

Power Amplifier untuk audio mobil

Amplifier memiliki peranan penting untuk system audio, dalam subwoofer membutuhkan amplifier untuk bekerja maksimal. Sebuah subwoofer yang membutuhkan pasokan daya dari power sehingga dapat menghadirkan suara bass yang keras. Head unit memang memiliki daya untuk mendriver speaker tapi kemampuanya hanya terbatas. Jika speaker anda termasuk speaker 3 way sistem tentu head unit tidak mampu maksimal untuk mendrive speaker jenis ini. Untuk pemula ampli power yang paling banyak digunakan adalah amplifier 4 kanal kelas A-B, sebab amplifier ini selain praktis juga dapat bekerja untuk mendrive speaker dan subwoofer.Harga lebih ekonomis dan multifungsi. Amplifier monoblok memiliki daya yang besar hanya untuk mengangkat daya subwoofer saja untuk pasokan daya dari accu sangat boros dan harga lumayam mahal tergantung merek dan kualitasnya.

14195762252075827637

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline