Lihat ke Halaman Asli

Kinar Set

rajin dan setia

Merah Putih dan Arab Spring

Diperbarui: 16 Agustus 2018   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JalanDamai.org

Masih ingat Arab Spring ? Satu gerakan politik di Arab yang berawal di Tunisia pada tahun 2010 sampai 2012 . Gerakan ini menyebar di banyak negara Arab dan jazirah Afrika Utara.

Gerakan ini berhasil menggulingkan kepala-kepala negara yang berkuasa secara diktator seperti Ben Ali di Tunisia, Hosni Mobarak di Mesir yang sudah memerintah 30 tahun, Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang terguling dan kekuasaannya diserahkan pada sebuah pemerintahan peratuan nasional. Juga Libya, Suriah, Bahrain , Kuwait, Lebanon, Oman dst.

Yang menarik adalah,  gerakan ini menggunakan teknik pemberontakan sipil dalam kampanye yang melibatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, Skype. 

Mereka mengorganisir dan meningkatkan kesadaran untuk mewujudkan demokrasi yang sehat dan pemerintahan yang fair.  Kita tentu ingat ribuan orang berkumpul di lapangan di Mesir karena ajakan melalui facebook mereka. Akhirnya gerakan ini bisa membuat Mubarak mengakhiri pemerintahannya.

Bila merujuk ke dalam negeri, sebenarnya kita harus bisa menumbuhkan semangat nasionalisme melalui media maya. Indonesia punya penduduk sekitar 265 juta jiwa dan 50 % nya telah terpapar Internet. 

Meski dari jumlah itu sebagian besar berada di daerah perkotaan (urban). Pemanfaatannya tak hanya untuk berkomunikasi tapi juga membeli barang, memesan transportasi, dan berbisnis.

Yang lebihmenarik adalah pengguna internet kebanyakan adalah anak muda  karena sebanyak 49,52 % para pengguna adalah berumur 19-34 tahun. Selebihnya yaitu 30 % internet dipakai oleh 35-50 tahun. Ini menunjukkan bahwa animo masyarakat terhadap penggunaan internet dan pemanfaatan dunia maya oleh generasi muda sangat besar.

Pemanfaatan dunia maya oleh sebagian besar generasi muda  harus kita manfaatkan dengan baik untuk tujuan yang baik. Terinspirasi Arab Spring, bukan untuk hal yang buruk tetapi untuk hal yang baik. 

Arab Spring terbukti mendorong perdamaian di jazirah Arab dan mereka akhirnya memulai pemerintahan demokrasi (non diktator) yang mengingini perdamaian.

Generasi muda Indonesia harus bisa menghargai rasa ke-Indonesiaan itu melalui dunia maya. Caranya adalah dengan memaknai dengan baik hasil-hal atau upaya yang telah dilakukan generasi terdahulu untuk kemerdekaan Indonesia.

 Sama dengan perjuangan di Arab Spring, perjuangan pahlawan dan generasi terdahulu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia bukanlah hal mudah. Mereka sampai harus berkorban nyawa dan apa saja untuk masa depan generasi berikutnya supaya lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline